Exit Tol 151 Dikoordinasikan, GBLA Resmi Jadi Arena PON XIX

bandungekspres.co.id, BATUNUNGGAL – Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX September 2016 mendatang akan resmi dilangsungkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage. Stadion ini sudah siap untuk digunakan gelaran event empat tahunan itu. Hal itu dikatakan Ketua Harian Sub PB PON Ke-XIX Kota Bandung Yossi Irianto saat ditemui usai rapat Pansus PJP di Gedung DPRD Kota Bandung, kemarin (14/7).

Menurut pria yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung ini, sejak awal dirinya sangat optimistis Stadion GBLA siap digunakan untuk multi event empat tahunan tersebut.

”GBLA siap untuk PON. Dan kini Stadion ini sudah ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat untuk pembukaan dan penutupan PON,” jelas Yossi.

Sebagai tuan rumah upacara pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional XIX dan Pekan Paralympic Nasional XV 2016 Jawa Barat, Kota Bandung, papar Yossi, Pemkot Bandung terus berbenah.

Pasalnya, keputusan penunjukan GBLA resmi melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor: 426/Kep. 703-Disorda/2016, tentang venue upacara pembukaan dan penutupan PON XIX dan Paralympic XV 2016 yaitu PON XIX diselenggarakan di Stadion Bandung Lautan Api; dan Pekan Paralympic Nasional XV diselenggarakan di Stadion Siliwangi Bandung.

”Keputusan Gubernur Jawa Barat itu dikeluarkan teratanggal 30 Juni lalu,” tukas Yossi.

Tak hanya persoalan itu, sahut Yossi, pihaknya terus melakukan konsolidasi, terutama terkait ketersediaan dan kelayakan infrastruktur akses jalan tol ke GBLA. ”Akses jalan tol kilometer 148 memang siap digunakan,tetapi akan lebih optimal kalau akses tol di kilometer 151 bisa digunakan. Ini sedang di komunikasikan dengan Kemenpera,” kata Yossi.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Dodi Ridwansyah menyatakan kesiapannya menggelar event nasional tersebut.

Sebagai pengelola stadion GBLA, pihaknya selalu siap, apalagi kondisi stadion sudah dinyatakan layak. ”Uji coba melalui pertandingan kandang Persib, buktikan stadion GBLA tidak ada masalah,” ujar Dodi.

Stadion GBLA merupakan venue olahraga dengan standar internasional. Stadion ini mampu menampung 38 ribu orang.

Menurut Dodi, Stadion GBLA jauh-jauh hari memang disiapkan untuk melangsungkan acara pembukaan PON XIX. Untuk merealisasikan itu, GBLA harus bersaing dengan Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Sebab, GBLA sempat disegel, membuat Jalak Harupat sebagai salah satu kandidat terkuat. Tetapi, kini semuanya sudah selesai, GBLA sudah ditetapkan jadi venue pembukaan dan penutupan PON XIX.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan