Exco PSSI Siap Terima Aspirasi

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Sesama tim perserikatan, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya terkenal cukup akur dalam pentas sepak bola tanah air. Terutama di level suporter. Bobotoh perwakilan dari suporter Persib serta bonek yang menjadi pendukung fanatik Persebaya memang sudah seperti saudara dan selalu saling membantu.

Meski begitu, pihak bobotoh sudah menegaskan bahwa mereka tidak akan berada dalam masa aksi ketika bonek menggelar demonstrasi di Jakarta pada 3 Agustus mendatang. Keputusan tersebut bukan karena sudah lunturnya soliditas dari bobotoh ke bonek, melainkan karena alasan keamanan yang menjadi pertimbangan.

“Karena rencana aksi itu berlangsung di Jakarta. Dan, semua juga tahu kalau Jakarta memang kurang aman bagi pendukung Persib seperti kami,” kata Mulyana, salah satu pentolan bobotoh saat dihubungi oleh Jawa Pos. “Kami tidak mau hanya karena ada kami dalam masa aksi malah menjadi beban bagi bonek,” timpalnya.

Kendati demikian, pria berusia 40 tahun yang juga salah satu dirigen bobotoh itu mengungkapkan bahwa mereka tetap akan memberikan suporter dari Bandung. Salah satunya dengan melayangkan surat terbuka kepada PSSI untuk mengijinkan Persebaya kembali lagi eksis di kasta tertinggi sepak bola tanah air.

“Karena Persebaya  adalah salah satu tim besar yang memiliki sejarah panjang dalam sepak bola tanah air. Tanpa ada Persebaya, sepak bola negeri kita seperti kurang berdetak. Jujur, kami sangat rindu Persebaya bisa kembali lagi berkompetisi seperti dulu,” harap Mulyana.

Sementara itu, salah satu anggota Executive Commitee (Exco) PSSI, Tony Apriliani mengatakan, mereka akan menerima  semua aspirasi bonek bila akhirnya benar-benar melakukan aksi di Jakarta nanti. Kebetulan, aksi yang direncanakan oleh pendukung Persebaya itu bersamaan dengan PSSI menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

“Kali ini kami akan mendengarkan aspirasi mereka (bonek, Red). Karena tim yang mereka dukung sudah diakui oleh pengadilan,” kata Tony. Dia mengungkapkan bahwa, PSSI juga sudah melaporkan perkembangan hukum Persebaya itu ke FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) dan AFC (Asian Football Confederation).

Sementara itu, rencana Bonek Mania ke Jakarta dipastikan kian mantap. Sebab, The Jakmania—sebutan suporter Persija—selaku “tuan rumah” tidak mempermasalahkan apabila pendukung setia Persebaya tersebut untuk ke Ibu Kota.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan