Enam Atlet Judo Lolos PON XIX

bandungekspres.co.id – Pengurus Besar (PB) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) resmi menerbitkan surat keputusan (SK) kuota atlet yang lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016. Dari SK tersebut, delapan atlet judo Banten dinyatakan lolos PON. Akan tetapi, hanya enam atlet yang lolos sesuai kuota KONI Banten karena mampu bertengger di ranking lima besar nasional.

Keenam atlet yang lolos PON terdiri dari tiga atlet putra dan tiga atlet putri. Tiga atlet putra, yaitu Dickiy Zulfikar kelas -55 kilogram (peringkat 2 nasional/Kabupaten Tangerang), Sulaeman kelas -60 kilogram (peringkat 5 nasional/Kota Serang), dan Sutrisno kelas -90 kilogram (peringkat 5 nasional/Kota Serang). Sedangkan tiga atlet putri, yakni Septiani Triastuti kelas -48 kilogram (peringkat 3 nasional/Kabupaten Tangerang), Nurbiah kelas -52 kilogram (peringkat 5 nasional/Kabupaten Pandeglang), dan Nur Oktavian kelas -78 kilogram (peringkat 4 nasional/Kota Tangerang).

Bendahara Pengurus Provinsi (Pengprov) PJSI Banten Sukisna mengatakan, SK PB PJSI diterbitkan pada 19 Januari 2016. Atlet yang lolos PON berdasarkan poin yang dinilai oleh PB semenjak tahun 2013. ”Cabang olahraga (cabor) judo tidak ada Pra-PON, atlet yang lolos berdasarkan poin. Atlet yang tampil di setiap kejuaraan resmi setelah PON XVIII Riau 2012 akan mendapatkan poin sesuai prestasi yang ditorehnya,” kata Sukisna di ruang kerjanya Makorem 064/Maulana Yusuf, Kota Serang, Kamis (11/2).

Sukisna menambahkan, poin yang diraih atlet dari tahun 2013 hingga 2015 diakumulasi pada Desember 2015. ”Dari akumulasi poin tersebut akan muncul ranking untuk masing-masing kelas. Kalau dari PB, 10 besar di masing-masing kelas dinyatakan lolos PON. Tapi kita kan mengacu kepada target KONI Banten yang hanya akan mengirim atlet lima besar ke PON nanti,” imbuhnya.

Pasca diterbitkannya SK oleh PB, pihaknya langsung tancap gas melakukan persiapan. ”Atlet langsung menggelar pemusatan pelatihan daerah (pelatda) PON di Dojo Toray, Kota Tangerang. Sementara latihan masih sekitaran persiapan umum, seperti pemulihan fisik dan kebugaran,” terang Sukisna.

Sementara itu, Kepala Pelatih Judo Banten Suwarno Awaludin menyatakan, jumlah atlet yang lolos PON XIX Jawa Barat melampaui capaian pada PON XVIII Riau 2012 dengan hanya meloloskan lima atlet. ”Meski hanya bisa meloloskan lima atlet, prestasi di PON lalu lumayan bagus. Kita sukses menggondol tiga keping medali di PON lalu, yaitu satu medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu. Tapi sayang peraih medali emas kita di PON lalu Vincent Madjid sudah tidak lagi bergabung di tim judo. Dia (Vincent) sudah memilih olahraga lain untuk berkarir,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan