Empat Kontingen Gunakan Kereta Api

bandungekspres.co.id, Bandung – Sedikitnya 600-an atlet dan official dari empat kontingen PON XIX/2016 Jabar sudah melakukan konfirmasi datang ke Bandung menggunakan kereta api (KA). Rencananya, para atlet tersebut akan datang pada 10 September mendatang.

”Sudah ada empat kontingen yang memberitahukan kedatangan mereka akan menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Bandung. Keempat daerah itu DI Yogyakarta, Bengkulu, Sulawesi Tengah,dan Nangroe Aceh Darussalam,” papar Kepala Daerah Operasi (Daop) II Bandung Saridal didampingi Kepala Humas Franoto Wibowo, kemarin (31/8).

Menurut Saridal, pihaknya sudah mendapat infomasi dan pemesanan tiket KA untuk keempat kontingen itu. DI Yogyakarta akan langsung menggunakan KA dari Yogyakarta.     Sementara untuk NAD, Bengkulu dan Sulawesi Tengah akan menggunakan KA dari Stasiun Gambir.

Sebelumnya ketiga kontingen itu mendarat di Bandara Soekarno Hatta Banten, kemudian melanjutkan perjalanan ke Stasiun Gambir untuk menggunakan KA Argo Parahyangan.

”Kontingen itu mulai datang ke Bandung pada 10 September, bergelombang. Dan kami siap untuk melakukan penyambutan di Stasiun Bandung,” kata Saridal.

Untuk diketahui, stasiun Bandung merupakan salah satu pintu gerbang kedatangan Kontingen PON XIX/2016 Jabar. Dua gergang masuk Jabar lainnya adalah Bandara Husein Satranegara Kota Bandung dan Balepare Kota Baru Parahyangan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

”Kami sudah mempersiapkan lokasi untuk penyambutan kontingen, kami siapkan ruangai VIP di Stasiun Bandung,” kata Saridal.

Penggunaan angkutan KA untuk kontingen PON itu kembali dimanfaatkan oleh kontingen. Terakhir kali PT KAI menjadi angkutan PON pada PON XV/2000 di Surabaya, waktu itu sejumlah kontingen juga menggunakan angkutan KA. Namun setelah PON XV/2000, penyelenggaraan PON digelar di luar Pulau Jawa, sehingga praktis KA tidak menjadi bagian dari angkutan kontingen PON.

Khusus bagi kontingen yang menggunakan angkutan KA, pada siang hari, kata dia, akan mendapat sajian perjalanan sambil menikmati keindahan pemandangan di sepanjang jalur dari Jakarta menuju ke Kota Bandung. Sekaligus menjadi pengalaman tersendiri bagi para atlet dari daerah.

”Kami siap menjadi bagian dari tuan rumah yang baik bagi Kontingen PON XIX/2016 Jabar. PON merupakan hajatan Jawa Barat dan kami berkewajiban untuk menyukseskannya,” urai Saridal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan