Emil Ziarahi Makam Para Pendiri Kota Bandung

bandungekspres.co.id, REGOL – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi ketua TP PKK Kota Bandung Atalia Ridwan Kamil serta sejumlah Pejabat Publik Pemerintah Kota Bandung ziarah ke makam para leluhur dan pendiri Bandung kemarin (21/9). Ziarah ini merupakan rangkaian dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Bandung ke-206.

Berangkat dari Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, rombongan mulai ziarah, melalui belakang Mesjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, tempat makam Bupati Bandung ke-6 (1794 – 1829), Rd. Adipati Wiranatakusumah VI (Dalem Kaum) sebagai pendiri Kota Bandung.

Rombongan melanjutkan ziarah ke situs makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar, R.H.A.A Wiranatakusumah, makam Bupati Bandung pertama Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641 -1709) yang bersebelahan dengan Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

Sebelum berdoa untuk para leluhur dan pendiri Kota Bandung, Wali Kota Bandung menyampaikan, ziarah ini sebagai penghormatan di Hari Jadi Kota Bandung. ”Hari ini kita ziarah ke makam leluhur sebagai penghormatan pada mereka dan mendoakan para leluhur kita yang sudah berjuang untuk Bandung,” ujar wali kota yang akrab disapa Emil itu.

Dia menuturkan, sebagai generasi masa kini harus mengamalkan amalan-amalan untuk mendoakan leluhur agar mereka diterima iman islamnya dan tentunya ditempatkan disisi yang terbaik di sisi Allah SWT.

”Ada tiga hal yang tidak akan pernah putus, yaitu amal jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak-anak soleh yang mendoakan kedua orangtuanya. Mudah-mudahan doa kita hari ini bisa melapangkan alam kuburnya dan tentunya segala kebaikan dan semangat leluhur kita bisa diteladani sehingga kota ini semakin hari semakin baik,” ucap Emil.

Tahun ini Kota Bandung genap 206 tahun. Perjalanan kota ini masih panjang, kita yang ditakdirkan Allah sedang menjabat memegang amanah dari rakyat harus bisa berikhtiar semaksimal mungkin untuk meminjam masa lalu dan menyiapkan masa depan.

Hal itu, manakala diresapi  akan diingat, suatu hari nanti oleh genrasi-generasi anak cucu kita sebagai generasi yang menyiapkan masa depan dengan baik untuk generasi berikutnya.

”Itulah teladan yang kita pedoman dan atas nama Pemkot Bandung mari kita laksanakan ziarah ini sebaik-baiknya,” tutup Emil.

Tinggalkan Balasan