Edukasi Pedagang Pasar Tradisional

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Untuk memasarkan produk Jaminan sosial agar lebih memasyarakat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS TK) cabang Sumedang menggelar edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya BPJS bagi pedagang pasar tradisional di Cicalengka.

Kabid pemasaran BPJS TK Theresia Wahyu Dianti mengatakan, BPJS TK cabang Sumedang berusaha untuk menyosialisasikan kepesertaan kepada mereka yang di kawasan pasar. Di antaranya pedagang, pengunjung, buruh pasar hingga tukang ojek.

”Saat Sosialisasi mereka cukup antusias dan kami akan terus memberikan edukasi dan pembinaan khusus bagi masyarakat yang ada di pasar ini,” jelas Theresia di Pasar Cicalengka kemarin (8/11).

Menurutnya, dengan penjelasan ini masyarakat yang sehari harinya memiliki aktivitas di pasar akan memiliki kepastian jaminan social. Baik itu tunjangan di hari tua maupun jaminan kesehatan.

”Terlebih, manfaat informatif ini khusus pekerja mandiri di sekitar pasar mengenai program Bukan Penerima Upah (BPU) BPJS Ketenagakerjaan,” urainya.

Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan, masyarakat yang berinteraksi di pasar memiliki kesadaran akan pentingnya rasa nyaman dalam bekerja. Dalam artian, mereka sudah terlindungi dengan JKK, JKM dan JHT. ”Jadi  tidak perlu lagi ada kekhawatiran jika terjadi kecelakaan saat bekerja,” kata dia.

Dia mengatakan, untuk meningkatkan kepersertaan ini pihaknya akan serius melakukan berbagai sosialisasi. Khususnya di tempat-tempat banyak orang berkumpul. Sebelumnya BPJS TK cabang Sumedang juga menjalin kerjasama dengan PT Bangung Bina Persada sebagai perusahaan yang mengoperasionalkan Pasar di Kecamatan Cicalengka. ”Kita akan terus lakukan edukasi ini di pasar-pasar lainnya yang telah menjadi area kami,” pungkas Theresia. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan