Eceng Gondok Ganggu Venue Ski Air, PB PON KBB Harus Berbenah

bandungekspres.co.id, PADALARANG – Venue ski air untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX Jawa Barat yang berlokasi di Waduk Saguling, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat kondisinya masih dipenuhi eceng gondok. Sehingga, dibutuhkan pembersihan area agar benar-benar bisa digunakan.

Letkol Nasir Kadir selaku Tehnikal Delegasi Cabang Ski Air PB PON Pusat mengungkapkan, berdasarkan pantauannya ke lokasi, venue ski air ini merupakan lokasi terbaik. Namun, ada beberapa hal yang harus dibenahi. ”Lapangan track ini sudah memenuhi standar Internasional. Namun ada beberpa hal yang harus diperbaiki, yang pertama itu eceng gondok, keberadaanya sangat mengganggu sekali karena lapangan ski air itu harus bersih,” katanya kepada wartawan saat meninjau lokasi ski air, kemarin.

Lebih jauh dia menjelaskan, selain eceng gondok, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah debit air. Sebab, saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau dimana ancaman kekeringan bisa terjadi menjelang pelaksanaan PON. ”Kita mau ada kepastian bahwa air ini benar-benar bisa dijaga tetap aman, jangan sampai menjelang pelaksanaan justru air surut. Itu yang harus diperhatikan,” tegasnya seraya menyebutkan idealnya ke dalaman air 3 meter.

Atas kondisi tersebut, pihaknya tidak bisa menjamin venue ski air terbaik di Indonesia ini akan dijadikan salah satu venue cabang olahraga pada PON XIX Jabar. Pasalnya, hingga awal bulan Juni ini sudah ada beberapa catatan yang harus diperbaiki PB PON Kabupaten Bandung Barat. ”Tanggal 20 Mei ini adalah batas akhir tanda tangan surat kelayakan venue. Jika belum ada jaminan, kami tidak mau menandatangani surat kelayakan itu,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan, agar catatan perbaikan itu bisa secepatnya dilaksanakan oleh panitia. Soalnya, jika terjadi pembatalan tidak ada pilihan lain untuk mempersiapkan venue ski air di tempat lain.

”Jangan sampai kita mengambil kebijakan untuk memindahkan ke tempat lain. Tidak ada opsi lain, yang pasti harus di sini, jadi jaminannya debit air harus tetap terjaga. Dan bulan Juni awal sudah harus clear, karena di bulan itu ada tes uji coba kelayakan lapangan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan