Dukung Smart City dengan Platform City-Care

BANDUNG – Indosat Ooredoo dan Lintasarta mendukung perwujudan smart city di seluruh kota di Indonesia melalui Internet of Things (IoT) serta IT Services yang sesuai dengan komponen–komponen dalam pembangunan smart city. Melalui solusi ini diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan pembangunan kota akan teknologi digital yang membawa manfaat bagi pemerintah kota, warga kota dan komunitas bisnis.

Smart city sebagai tuntutan masyarakat masa depan mulai digelar di kota-kota di tanah air. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam rencana pembangunan perkotaan didalam kerangka Sistem Perkotaan Nasional (SPN), di mana salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, daya saing kota  dan kontribusi ekonomi.

Pada ajang Indonesia Smart City Forum di Bandung pada 2-3 September, Indosat Ooredoo menghadirkan aplikasi e-Government. Aplikasi untuk memenuhi kebutuhan pemerintahan kota dalam mengelola data dan informasi serta kebutuhan warga kota untuk transparansi proses layanan masyarakat, seperti status proses perijinan. Selain itu, Indosat Ooredoo juga menghadirkan aplikasi-aplikasi lainnya seperti Qlue, i-library, e-Tax, Bank Sampah dan e-budgeting.

Untuk percepatan implementasi smart city, pada ajang ini, Indosat Ooredoo dan Lintasarta bekerja sama memperkenalkan City Care. Aplikasi ini platform smart city yang memberikan kemudahan bagi pemerintah kota untuk mengembangkan dan mengintegrasikan berbagai aplikasi layanan kota dengan konsep open platform dan open data model. Selain itu dengan adanya open community ini, pemerintah kota dapat mendorong partisipasi aktif para pengembang lokal atau putera daerah untuk membangun aplikasi kota dan mengintegrasikannya kedalam City Care.

Director and Chief Wholesale and Enterprise Officer Herfini Haryono Indosat Ooredoo mengatakan, Indosat Ooredoo dan Lintasarta sebagai perusahaan leading digital telco di Indonesia melihat bahwa kebutuhan solusi smart city tidak bisa hanya dipenuhi oleh satu pengembang saja. ”Oleh karena itu, kami menghadirkan sebuah platform yang bersifat open, yang dapat diaplikasikan dan dikembangkan secara bersama-sama dengan pengembang solusi yang lain. Dengan solusi ini, kami berharap percepatan implementasi dan pengembangan solusi smart city yang berkesinambungan dapat terjadi,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan