Drum Band Jabar Tetap Latihan di Bulan Puasa

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Ibadah puasa tidak menghalangi tim Pelatda drum band PON Jawa Barat untuk menjalani program latihan yang lumayan menguras tenaga seperti latihan fisik. 22 personel tim drumband Jawa Barat yang terdiri dari 11 atlet putra dan 11 atlet putri tetap serius melakoni latihan fisik empat kali dalam sepekan.

Pelatih fisik tim drum band Jabar, Arif Wahyudi, engatakan, sebelumnya latihan fisik berlangsung lima kali sepekan. Namun, memasuki bulan Ramadhan berkurang menjadi empat kali.

Menurut  Arif latihan fisik yang dijalani para atlet drum band Jabar ini meliputi  power,speed,endurance,dan flexibilitas. ”Program latihan fisik selama bulan Ramadhan disesuaikan dengan kondisi atlet yang sedang menjalankan ibadah  puasa,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kekuatan mereka berlatih weight training, jalan cepat untuk meningkatkan kecepatan,dan joging untuk meningkatkan daya tahan.”Untuk mengukur perkembangan kondisi fisik atlet ,sebulan sekali dilakukan tes fisik.Melalui tes ini juga bisa diketahui VO2Max setiap atlet,” katanya.

Arif mengatakan, setiap atlet harus memiliki kondisi fisik yang prima agar bisa tampil maksimal pada saat pertandingan,pasalnya semua nomor yang dipertandingkan akan menguras tenaga.Tak heran jika latihan fisik mendapat porsi yang terbilang besar

Arif gembira sejak menjalani program latihan fisik pada Maret lalu perkembangan kondisi fisik atlet drumband Jabar terus mengalami peningkatan. ”Saat ini kondisinya berada pada kisaran 70 persen.Saya optimistis kondisi puncaknya akan tercapai bulan September mendatang,” tuturnya.

Tim drum band Jabar sudah menggelar pemusatan latihan sejak Januari lalu dengan jumlah atlet sebanyak 22 orang. (kon/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan