DPRD Jabar Setujui Kerjasama Sister City

bandungekspres.co.id, BANDUNG – DPRD Jawa Barat merestui Pemprov Jabar untuk menjalin hubungan Sister Province dengan Tiongkok. Restu ini diputuskan setelah melakukan pembahasan panjang di internal DPRD Jabar.

Wakil Pimpinan DPRD Jabar Irfan Suryanegara mengatakan, kerjasama ini dilakukan dengan empat provinsi di Tiongkok. Di antaranya  Hel Un Jiang, Guang Jinh Jiang, Shin Chuan dan kota  Chong Ching.

”Kerjasama ini mendapat pertimbangan untuk disetujui karena setelah ditelaah manfaatnya besar, berdasarkan perjanjiannya,” jelas Irfan ketika ditemui di gedung DPRD, belum lama ini.

Menurutnya, pembahasan telah dikaji selam lebih dari satu bulan dengan melihat dasar hukum dan meneliti sistem kerjasama berdasarkan perjanjiannya.

Dia menuturkan, dalam kerjasama ini ada keterlibatan Organisasi perangkat Daerah (OPD) ‎yang akan menimba pengalaman dengan dikirim ke Tiongkok. Untuk itu dia menakankan, agar selepas melakukan kunjungan ke provinsi tersebut harus bisa menimba ilmu agar yang kemudian bisa diterapkan untuk kepentingan pembangunan di Jabar.

Dia mengakui, kemajuan di provini-provinsi di Tiongkok jauh lebih pesat bila dibandingkan Jawa Barat. Bahkan dari segi pendapatan kalau dibandingkan Jabar, belum ada apa-apanya. ”Dilihat dari nilai manfaatnya, dari sisi transformasi teknologi, kepariwisataan, dan hubungan pendidikan, Jabar memiliki prospektif baik untuk menjalin kerjasama,” paparnya.

Di balik hal itu, dia tetap mewanti pada prinsip kehati-hatian, kesetaraan dan pertimbangan keuntungan atas kerjasama tersebut.  ”Jadi atas dasar ini akhirnya kami menyetujui, dangan pertimbangan memberikan manfaat bagi masyarakat Jabar,” pungkas Irfan. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan