DPPK Kota Bandung Bersihkan Banjir Lumpur

bandungekspres.co.id – Beberapa titik banjir lumpur terdampak hujan deras kemarin malam, secara bergiliran dibersihkan Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung. Banjir di kawasan Bandung Timur, tak luput dari uluran tangan pasukan biru tersebut.

”Penyodotan genangan air, secara bergiliran dilakukan DPPK, dan DBMP Kota Bandung,” kata Kepala DPPK Kota Bandung Ferdi Ligaswara kepada Jabar Ekspres, kemarin (8/6).

Dia menjelaskan, pembersihan lumpur dilakukan karena material lumpur membahayakan pengguna jalan. Dia mengatakan, di Jalan Purwakarta serta di Komplek Antapani dilakukan pembersihan lumpur oleh tim rescue setelah sebelumnya pengendara kendaraan roda dua dilaporkan tergelincir.

Sementara itu, kata dia, tim lainnya membantu masyarakat di Gedebage lakukan penyedotan genangan air. Setelah sebelumnya, beberapa titik tak dapat dilewati kendaraan.

”Air di Komplek Panyileukan di RW 7, 8, 10 dan 11 setinggi 40 hingga 80 sentimeter. Begitupun di Komplek Adipura  di Kluster Pinus , Palem dan Pinus. Bantuan yang diberikan DPPK hingga ke wilayah  Cingised, Arcamanik dekat Rusunawa,” paparnya Ferdi.

Di tempat terpisah, Asisten Pembangunan dan Kesra Pemkot Bandung Iming Ahmad menyatakan, dalam menangani banjir wilayah Gedebage, pihaknya bersama DBMP sudah merencanakan pembuatan sodetan bari mulai dari Jalan Rumah Sakit tembus sampai dengan Perumahan Pinus Regensi. Sedang untuk antipasi banjir di depan Pasar Induk Gedebage, sodetan akan ditarik mulai depan Pertamina. ”Tahapannya kini sudah memasuki lelang, tinggal menunggu pemenang saja,” ujar Iming.

Di Gedung DPRD Kota Bandung, Wakil Ketua Komisi C Jhonson Panjaitan menyatakan, untuk menyelesaikan persoalan banjir Gedebage dan Bandung Timur, Pemkot Bandung tidak perlu neko-neko.

”Wujudkan saja apa yang direkomendasikan dewan. Salah satunya,  penanganan penanganan sedimentasi sungai Cinambo. Sehingga daya tampung debit air lebih besar,” tegas politikus Partai Hanura tersebut.

Dia menambahkan, dalam persoalan banjir setiap hujan dearas,  pemerintah kota harus lebih proaktif dalam penanganan banjir.

”Pembangunan di Gedebage di-nol-kan dulu. Mungkin ini bisa jadi solusi, bukan membauat masalah baru,” tegas Jhonson.

Sementara itu, Jalan Raya Bandung­Garut yang menghubungan Jawa bagian selatan juga kembali diterjang banjir. Faktornya, sungai Cikijing dan Cimande meluap ke jalan. Akibatnya, jalan nasional itu terendam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan