DPPK Kekurangan Personel Usia Muda

bandungekspres.co.id– Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung kekurangan personel operasional yang masih berusia muda. Kepala DPPK Ferdi Ligaswara menuturkan, personel lapangan yang kini eksis, rata-rata sudah cukup berumur. Bahkan ada beberapa orang yang akan masuki usia pensiun.

DPPK
AMRI RACHMAN DZULFIKRI/BANDUNG EKSPRES
MINIM: Petugas Dinas Penanggulangan dan Pencegahan Kebakaran Kota Bandung menjinakkan kebakaran di Cidadap, belum lama ini. DPPK kekurangan personel yang berada di usia muda.

’’Petugas kami di lapangan hanya 120 orang. Rata-rata sudah berumur, malah ada yang mau pensiun,’’ kata Ferdi, kemarin.

Ferdi tidak menepis pihaknya keteteran dengan kondisi tersebut. Namun dia tetap memberi semangat kepada anak buahnya. Ferdi pun percaya, meski banyak yang sudah berumur, anak buahnya tetap memiliki kapasitas yang mumpuni.

’’Kalau dibilang keteteran sih bisa jadi. Tapi kita optimalkan personel yang ada. Walau relatif tua tapi mereka berpengalaman. Naluri dan skill-nya masih mumpuni,” tegas Ferdi.

Saat ini, jumlah personel DPPK 120 orang, itu pun harus dibagi menjadi 3 shift. Namun meski dibagi, mereka pun harus siap terjun ke lapangan jika dibutuhkan.

Sebagai gambaran, dengan personel yang ada tahun 2015 lalu DPPK Kota Bandung harus berjibaku mengatasi sebanyak 177 kali bencana kebakaran. Jumlah itu meningkat dibandingkan 2014 yaitu 162 kali kejadian. Di tahun ini, kebakaran masih menjadi ancaman. (edy/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan