Disdukcapil Maksimalkan Mobil Keliling

[tie_list type=”minus”]Tingkatkan Pelayanan bagi Masyarakat[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi pada 2016 ini berencana akan memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan dengan melakukan jemput bola kesejumlah tempat di Kota Cimahi. Tujuannya, agar pelayanan administrasi kependudukan bisa dirasakan manfaatnya oleh warga.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Cimahi, HM Suryadi menuturkan, hal itu dilakukan dengan memaksimalkan layanan mobil keliling untuk menjangkau warga terluar dibeberapa kelurahan.

”Untuk membantu warga terluar yang ada di beberapa kelurahan, kami akan melaksanakan layanan mobil keliling agar mereka tidak terlalu jauh untuk datang ke kantor kami,” jelasnya belum lama ini.

Dikatakan Suryadi, selain dengan melakukan pelayanan mobil keliling, masyarakat dibeberapa wilayah terluar bisa dengan mudah mendapatkan akses pelayanan administrasi kependudukan yang dibutuhkannya, karena perkembangan dan mobilisasi penduduk di Kota Cimahi intensitasnya cukup tinggi.

Setiap harinya, Disdukcapil kedatangan warga antara 100 sampai 150 orang untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) maupun Akta Kelahiran.

Untuk itu, pengoperasian layanan keliling ini harus segera diwujudkan guna mengantisipasi melonjaknya warga yang datang ke kantor Disdukcapil. Sebab biasanya, mereka tidak tertampung di ruang pelayanan lantaran terbatasnya ruangan yang ada.

Tak hanya itu, Disdukcapil juga berusaha untuk melakukan inovasi. Selain untuk pelayanan administrasi disediakan pula sarana perpustakaan dan hiburan untuk warga setempat. ”Kami usahakan agar warga tidak terlalu jenuh menunggu pelayanan adminsitrasi kependudukan melalui mobil keliling tersebut,” papar dia.

Sementara, jika kondisi dan anggaran memungkinkan, pihaknya menginginkan supaya ruang pelayanan di Kantor Disdukcapil lebih nyaman lag. ”Rasanya Dinas kami merupakan yang terbanyak harus melakukan pelayanan kepada warga lainnya dibandingkan dinas lainnya. Karena itu kami ingin agar warga bisa nyaman, dengan kondisi yang ada saat ini,” pungkasnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan