Dinas Kesehatan Akan Bina Penjual Jajanan Sekolah

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi akan memberikan pelatihan bagi pedagang kantin dan pedagang di sekitar sekolah guna menangkal maraknya jajanan tidak sehat yang dikonsumsi siswa didik.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Fitriana Manan mengatakan, rencananya pelatihan itu akan digelar pada 25 Mei mendatang di Lapangan Pussen Arhanud Kota Cimahi.

”Mereka yang akan ikut pelatihan itu adalah pedagang kantin dan pedagang yang ada di sekitar sekolah,” katanya,

Menurutnya, pelatih tersebut akan fokus membidik para pedagang yang menjajakan makanan di SD dan SMP dengan perkiraan yang mengikuti pelatihan itu mencapai 500 pedagang. Sedangkan, pedagang di SMA relatif jauh lebih baik.

Karena berdasarkan pengamatannya di lapangan, selama ini makanan yang tidak sehat kebanyakan dijual di SD dan SMP. Jadi, Dinkes mengarahkan pelatihan di sekitar pendidikan dasar tersebut.

”Karena siswa SD dan SMP belum memiliki kesadaran yang tinggi. Dilihat menarik tapi ternyata pewarnanya, pewarna apa. Belum lagi ngga sehat,” kata Fitriani.

Menurut Fitriani, memang selama ini pedagang yang kerap membandel dengan menjajakan makanan yang tidak sehat bahkan terkesan berbahaya bagi anak.

”Yang masalah besarnya kan pedagang itu yang masih membandel karena bagi siswa yang penting bentuknya menarik,” katanya. (ha/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan