Dilantik Akhir Januari

[tie_list type=”minus”]DPRD Segera Layangkan Surat ke Mendagri[/tie_list]

bandungekspres.co.id– DPRD Kabupaten Bandung menggelar rapat paripurna penetapan pasangan calon Bupati Bandung terpilih, kemarin (5/1). Mereka sepakat, pengangkatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bandung terpilih periode 2015-2020, dilakukan pada akhir Januari atau awal Februari 2016.

Ketua DPRD Kabupaten Bandung, H Anang Susanto mengatakan, rapat paripurna digelar untuk mengesahkan pasangan bupati Bandung terpilih yang digelar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember lalu. Di samping itu, pelaksanaan Pilkada kabupaten Bandung juga berlangsung kondustif tanpa gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

”Saya bersyukur Pilkada di kabupaten Bandung tidak ada gejolak. Artinya berjalan aman dan lancar. Serta sukses tanpa ekses,” ungkap Anang kemarin.

”Kita berharap agar setelah kita gelar paripurna dan seluruhnya sepakat, bupati terpilih segera dilaksanakan pelantikkannya,” tambahnya.

Dia menjelaskan, setelah ada pengesahan oleh DPRD, tahap selanjutnya adalah DPRD melayangkan surat kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Barat. Surat untuk meminta Mendagri melakukan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih itu.

”Jadi kini bola sudah ada di tangan pak Gubernur, maka kami tinggal menunggu hasilnya. Sebab, dalam surat yang dikirim DPRD ke Mendagri melalui Gubernur Jabar itu, berisi usulan kepada Mendagri tentang pengesahan Bupati dan Wakil Bupati Bandung terpilih 2015,” paparnya.

Namun, sebelum itu, pimpinan DPRD juga harus membuat Surat Keputusan (SK) DPRD tentang penetapan bupati dan wakil bupati terpilih. Setelah itu baru dilaksanakan rapat paripurna penetapan bupati dan wakilnya.

”Selain itu juga dilengkapi oleh SK KPU soal pemenang Bupati dan wakil Bupati 2015,” terangnya.

Dia mengatakan, DPRD Kabupaten Bandung yang membuat surat keputusan itu paling lambat 20 hari kerja setelah surat permohonan diterima oleh Mendagri. Sebab, jika surat itu dilayangkan mulai 5 Januari, dimungkinkan akhir Januari atau awal Februari pelantikkan bupati terpilih dilaksanakan.

”Kini tinggal pak Gubernur saja yang akan melaksanakan tugas selanjutnya (pelantikan, Red),” tegas Anang.

Wakil Ketua DPRD Jajang Rohana menambahkan, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya agar hasil Pilkada serentak 9 Desember itu segera dilantik. Sebab, Kabupaten Bandung telah menggelar Pilkada secara aman dan lancar tanpa ada gugatan apapun. ”Jadi kita doakan semoga hasil Pilkada ini dapat segera dilaksanakan pelantikannya,” pungkas Jajang. (gun/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan