Di Cimahi Tak Beredar Vaksin Palsu

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi menjamin di wilayahnya tidak ada peredaran vaksin palsu karena dibeli langsung dari produsen yang sudah terdaftar dan memiliki kredibilitas baik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi mengatakan, kepastian mengenai tidak adanya vaksin ’ilegal’ karena pihaknya secara rutin melakukan pengawasan terhadap rumah sakit dan poliklinik yang ada. ”Jadi, kami bisa jamin di Cimahi itu tidak ada,” kata dia kepada wartawan.

Selain itu, pendistribusian vaksin di Kota Cimahi sudah sesuai dan didistribusikan dari tempat yang bisa dijamin soal keaslian dan keamanannya.

Untuk pelayanan kesehatan swasta, pihaknya pun sering mengingatkan mereka agar mengambil vaksi dari Dinas Kesehatan setempat. Dengan begitu, vaksin yang digunakan bisa dipertanggungjawabkan.

Pengawasan hal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2pL) Dinkes Kota Cimahi. Selain itu, pihaknya juga kerap memonitoring dengan langsung turun ke lapangan untuk memantau penggunaan vaksin. ”Mereka juga ada monitoring penggunaan vaksin di lapangan. Satu tahun dua kali,” pungkasnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Fitriani Manan menambahkan, penggunaan vaksin itu tidak berbahaya, tapi efeknya tidak memiliki kekebakan bagi tubuh. (pem/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan