Desember, 30 Km Jalan di Cimahi Mulus

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Warga Kelurahan Baros Kecamatan Cimahi Tengah, Sudjono mengungkapkan di akses tol Baros ada jalan yang berlubang. Dia khawatir lubang tersebut bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas khusunya pengendara sepeda motor.

“Warga kami sempat memberi rambu di jalan yang berlubang tersebut, sebagai tanda agar pengendara untuk berhati-hati,” ujar Sudjono pada Cimahi Ekspres, kemarin (11/11).

Kata dia, adanya rambu yang dipasang warga itu mengundang perhatian dari Dinas PU. Mereka menyebutkan dalam waktu dekat jalan yang berlubang tersebut akan langsung diperbaiki sehingga kembali utuh. “Kami nilai bentuk responsive Pemkot Cimahi dalam hal ini Dinas PU patut diapresiasi karena secara tanggap dan tepat langsung memperbaiki jalan yang berlubang di Jalan HMS Mintaredja. Bentuk responsive seperti ini, sangat dihargai oleh masyarakat, khusunya warga kami Kelurahan Baros,” katanya.

Terpisah Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Cimahi, Ahmad Nuryana mengatakan, beberpa titik jalan di wilayah Kota Cimahi sedang dilakukan perbaikan baik dengan di hotmix atau beton. “Pengerjaan perbaikan jalan ini, baru direalisasikan di semeseter dua tahun anggaran 2016, karena harus melalui tahapan lelang untuk menentukan siapa pelaksana dari pekerjaan perbaikan jalan tersebut,” kata Ahmad Nuryana.

Memang sebut dia, adanya proses lelang menyebabkan pengerjaan perbaikan jalan menjadi terlambat. Meski demikian, pihaknya menargetkan pada Desember 2016 ini, seluruh pelaksanaan pembangunan infrastruktut termasuk jalan bisa dituntaskan, jika ada yang masih tersisa akan dilanjutkan pada 2017.

Dia menyebutkan pekerjaan jalan di Kota Cimahi tak hanya menggunakan APBD Kota Cimahi, tetapi ada juga bantuan dari pemerintah pusat maupun Provinsi Jawa Barat. “Memang ada intensitas yang tinggi perbaikan jalan pada tahun ini. Karena bantuan APBD Provinsi dan APBN baru dikucurkan pada semester dua tahun anggaran 2016. KOndisi tersebut tidak hanya terjadi di Kota Cimahi, namun di Kota Bandung dan beberapa daerah lainnya juga terjadi hal yang sama,” katanya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Cimahi, Ainul Yakin mengatakan, dari total 105 km jalan milik Kota Cimahi, tahun ini yang baru bisa diperbaiki baru sekitar 30 km dengan total anggaran sekitar Rp 29 miliar. “Yang diperbaiki itu sekitar 30 km jalan yang merupakan milik Kota Cimahi. Desember itu harus beres,” pungkasnya. (bun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan