Derby untuk Eropa

[tie_list type=”minus”]AC Milan vs Inter Milan[/tie_list]

bandungekspres.co.id – AC Milan dan FC Internazionale tak mau lagi mengulang pengalaman musim lalu ketika mereka gagal bermain di kompetisi Eropa. Musim ini, kedua rival bebuyutan itu sama-sama menetapkan target finish di zona Eropa. Peluang untuk mewujudkan target itu akan semakin terbuka jika berhasil memenangkan duel bertajuk Derby della Madoninna di San Siro, Senin dinihari nanti.

Derby nanti akan menjadi pertemuan ke-216 antara Milan dan Inter. Terkait dengan ambisi kedua tim, derby ini punya arti yang sangat vital. Bagi Milan yang menargetkan finish di zona lima besar atau zona Liga Europa, kemenangan dari Inter akan membuat mereka terus menekan peringkat lima Serie A, AS Roma, yang hanya berjarak dua poin saja. Tiga poin dari Inter bahkan bisa membawa Milan ke peringkat lima, dengan catatan, Roma gagal meraih kemenangan saat menghadapi Frosinone.

Inter sendiri masih bertahan di peringkat empat dengan koleksi 41 poin. I Nerazzurri hanya kalah selisih gol saja dari peringkat tiga Fiorentina dan hanya tertinggal empat poin dari runner up sementara Juventus. Dengan jarak yang cukup rapat itu, kemenangan dari Milan otomatis akan menjaga kans Inter untuk finish di zona tiga besar atau zona Liga Champions.

Ya, Inter memang terang-terangan menargetkan lolos ke Liga Champions musim depan. Persoalannya, performa I Nerazzurri belakangan ini sedang tidak konsisten. Mauro Icardi dan kawan-kawan hanya meraih satu kemenangan dalam lima laga terakhir di ajang Serie A dan Coppa Italia. Teranyar, Inter bahkan baru saja dipecundangi Juventus tiga gol tanpa balas pada leg pertama semifinal Coppa Italia.

Persoalan utama Inter adalah lini depan yang mengalami kemandulan. Datangnya Eder mungkin akan memberi suntikan berarti bagi lini depan mereka. Dan pelatih Roberto Mancini sangat mungkin menurunkan Eder pada derby. Tapi, untuk bisa menyatu, Eder setidaknya membutuhkan waktu beradaptasi.

Kondisi Milan sedikit lebih baik dibandingkan Inter. Meski belum tampil memuaskan, I Rossoneri setidaknya berhasih meraih tiga kemenangan dan tak pernah kalah dalam lima laga terakhir di Serie A dan Coppa Italia. Mental mereka juga sedikit lebih baik berkat kemenangan tipis 1-0 dari Alessandria di semifinal pertama Coppa Italia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan