Dede Yusuf Edukasi Para Remaja

bandungekspres.co.id, CICALENGKA – Ratusan pelajar SMA, SMP, Karang Taruna dan PIK Remaja mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Program KKBPK BKKBN melalui kegiatan GenRE Ceria yang diadakan Ketua Komisi IX DPR RI H. Dede Yusuf di Alun-alun Cicalengka, Kabupaten Bandung, Minggu (9/10). ”Program GenRe adalah suatu program untuk memfasilitasi terwujudnya Tegar Remaja. Yaitu, remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari risiko Triad KRR, menunda usia pernikahan, mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera serta menjadi contoh, model, idola dan sumber informasi bagi teman sebayanya,” kata Dede Yusuf usai kegiatan GenRe.

dede-yusuf
YULLI S YULIANTI/BANDUNG EKSPRES
MEMBUAT SENANG: Ketua Komisi IX DPR RI H. Dede Yusuf memberikan dorprize sepeda kepada anak remaja.

Dede juga menjelaskan, GenRe adalah remaja atau mahasiswa yang memiliki pengetahuan, bersikap dan berperilaku sebagai remaja atau mahasiswa. Tujuannya, untuk menyiapkan dan perencanaan dengan matang dalam kehidupan berkeluarga.

”Remaja atau Mahasiswa GenRe yang mampu melangsungkan jenjang-jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi,” jelasnya.

Tantangan program GenRe ialah, lanjut Dede Yusuf, yaitu maraknya pernikahan dini di usia 16 sampai 18 tahun yang masih terjadi di masyarakat. Hal ini harus menjadi perhatian serius dari pemerintah. Karena itu, maka pemerintah dan DPR RI memiliki program untuk mengurangi angka pernikahan dini tersebut dengan menggelar sosialisasi dan advokasi kepada masyarakat.

”Kami bersama Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat serta Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Bandung melakukan sosialisasi dan Advokasi mengenai pentingnya program GenRe di hadapan 700 generasi muda,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan GenRe Ceria ini diisi dengan berbagai acara menarik seperti Wide Game tentang BKKBN, gerak jalan sehat, pementasan Musik, penampilan kreasi seni remaja, pembagian doorprize dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan agar sosialisasi ini mudah diterima oleh kalangan remaja.

”Sosialisasi GenRe Ceria seperti ini sangat penting untuk sering dilaksanakan kepada anak muda karena berkaitan dengan masalah reproduksi remaja, bahaya Narkoba dan penangguhan pernikahan usia dini,” paparnya. (yul/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan