Debit Air di Waduk Saguling Naik, Warga Jangan Panik

bandungekspres.co.id, SAGULING – Debit air di Waduk Saguling hampir mencapai batas maksimal. Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat ini ketinggian air di Waduk Saguling sudah mencapai 643,78 mdpl. Sementara, berdasarkan Standar Operasi Prosedur (SOP) PT Indonesia Power pada saat elevasi air mencapai 643,80 mpdl maka pintu spillway akan dibuka setinggi satu meter.

Menurut Ahli Muda Pengelolaan Lahan dan Lingkungan PT Indonesia Power UP Saguling Amin Alimin, hal ini sudah berdasarkan prosedur yang harus dilakukan oleh PT Indonesia Power untuk menjaga kapasitas air di bendungan. ”Ini juga untuk aliran listrik yang dihasilkan tetap terjaga,” ungkap Amin kepada Jabar Ekspres melalui sambungan telepon, kemarin (11/11).

Sementara, luas penampang air sendiri sengaja didesain hingga 645 mdpl. Sehingga air yang saat ini tertampung belum dikatakan penuh. Ketika ditanya apakah air akan menggenangi warga sekitar, pihaknya menepis hal tersebut.

Dia menjelaskan, ketika pintu spillway dibuka, air akan mengalir ke power house. Dari power house barulah akan menuju Bendungan Cirata. Dibandingkan tahun sebelumnya, kondisi hujan di tahun ini memang lebih tinggi dan sering. Sehingga, pihaknya harus mengambil tindakan membuka pintu tersebut.

”Kalau tahun kemarin, air di PT Indonesia Power malah menurun. Kebalikan dari tahun ini,” katanya.

”Hanya tahun ini saja, kondisinya seperti ini. Ini karena curah hujan yang cukup sering dan tinggi,” imbuhnya.

Panjang dari hilir bendungan ke power house ini, lanjut dia, mencapai sembilam kilometer. Diakui olehnya, sepanjang air menuju power house warga sekitar sering memanfaatkan untuk memancing atau untuk mencuci.

Saat ini, pihaknya mengimbau, agar masyarakat lebih waspada. Sebab, aliran sungai citarum saat ini akan lebih tinggi dari biasanya. Selain itu, pihaknya akan terus melakukan patroli kepada masyarakat. Baik menggunakan imbauan atau memantau sepanjang aliran air menuju power house.

Tingginya debit air di waduk Saguling ini, menyeruak seiring banjir yang terjadi di Pagarsih Bandung. Bahkan, beredar surat agar warga bantaran Sungai Citarum mewaspadai Waduk Saguling yang pintu airnya akan dibuka 1 meter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan