Dapatkan 40 Penghargaan Tingkat Nasional

bandungekspres.co.id – Dalam kurun waktu 2008 – 2016, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah berhasil meraih 225 (dua ratus dua puluh lima) penghargaan tingkat nasional. Sedangkan dalam kurun waktu 19 Agustus 2015 hingga 18 Agustus 2016 telah berhasil meraih 40 penghargaan tingkat nasional. Apa saja?

Pada Bidang Pemerintahan, Pemprov Jabar mendapatkan Anugerah Perencanaan Terbaik Pangripta Nusantara dan Penghargaan Nasional Procurement Award kategori Inovasi LPSE selama 6 tahun berturut-turut dimulai sejak 2011. Lalu Terbaik dalam Pelayanan Informasi melalui Internet Tingkat Pemerintah Provinsi; Anugerah Media Humas Terbaik; Peringkat Pertama Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Regional II, Desa Majasari, Indramayu.

Di Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pemprov Jabar juga mendapat Sertifikasi Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu. Lalu, Anugerah Budhipura dalam penerapan IPTEK pada kegiatan pertanian, peternakan, dan perkebunan.

Tidak hanya itu, di bidang lingkungan hidup Pemprov Jabar juga cukup mentereng. Di antaranya dengan enam kopi asal Jawa Barat meraih predikat terbaik pada Expo Specialty Coffee Association of America; Penghargaan Lingkungan Hidup “Nirwasita Tantra”; Juara Lomba Penanaman 1 Miliar Pohon; Provinsi dengan Realisasi Investasi Luar Negeri Terbesar.

Bidang Kesejahteraan Rakyat, Pemprov Jawa Barat juga meraih Jaba Anugerah Tokoh Peduli Perlindungan Anak dari KPAI; Anugerah Kepala Daerah Inovatif kategori Pendidikan; Penghargaan Kependudukan dan Keluarga Berencana “Manggala Karya Kencana”. Kemudian, Juara Umum Olimpiade Olahraga Siswa Nasional; Anugerah Pembina Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Tidak kalah penting, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan di Bidang Administrasi. Antara lain dengan diraihnya Penghargaan Pengelolaan Kepegawaian Terbaik Nasional Tingkat Provinsi; Raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI selama 5 (lima) tahun berturut-turut yang digenapkan dengan bertambahnya jumlah pemerintah daerah kabupaten dan kota yang mendapatkan opini WTP dari BPK-RI.

Selain semangat meraih atau mempertahankan opini WTP BPK-RI, tentunya sangat membanggakan apabila dapat dilengkapi dengan keberhasilan dalam penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dengan raihan yang lebih tinggi pencapaiannya.

Alhamdulliah, saat ini Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat telah berhasil meraih predikat ”BB” yang diharapkan menjadi ”A” pada tahun mendatang,” tegas Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (adv/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan