Dampingi UMKM agar Miliki Daya Saing

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Sektor usaha mikro, kecil dan menangah (UMKM) di Jawa Barat sangat potensial. Tiap kabupaten/kota, memiliki produk khas yang bernilai jual. Seperti dodol dari Garut, manisan dari Cianjur, kerajinan tanah liat dari Purwakarta, anyaman dari Tasikmalaya dan lain lain. Terlebih, Bandung sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat sudah tak diragukan lagi terkenal sebagai kota kuliner dan fashion nomor satu di Indonesia.

Melihat potensi tersebut, Kantor Perwakilan Wilayah  Bank Indonesia Jawa Barat (KPw BI Jabar) merangkul UMKM agar memiliki daya saing di kancah nasional hingga internasional. Kepala KPw BI Jabar Rosmaya Hadi mengatakan, pihaknya memiliki banyak program pendampinan terhadap pelaku UMKM ataupun calon wirausahawan.

”Dalam era Masyarakat Ekonomi Asean ini, UMKM kita itu harus memiliki daya saing. Di mana, produknya harus bagus, kemasannya harus menarik serta jangkauan pemasarannya harus luas,” ujar Rosmaya di kantornya belum lama ini.

Menurut dia, Bank Indonesia selalu bersinergi dengan instansi pemerintahan maupun organisasi yang peduli terhadap UMKM. Saat ini, KPw BI Jabar memiliki program Wirausahawan Bank Indonesia (Wubi).

Menurutnya, WUBI merupakan pendampingan dan pembinaan terhadap UMKM. Para pelaku UMKM anggota Wubi memiliki banyak manfaat karena mendapat pelatihan secara berkala. Selain itu, anggota Wubi sering mendapat bantuan modal dari program corporate social responsilibity (CSR) Bank Indonesia.  ”Kami juga membantu UMKM itu menjadi debitur perbankan,” tegas Rosmaya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, di bidang UMKM syariah, pihaknya memiliki suatu wadah bernama Pendampingan UMKM Syariah oleh Praktisi Akademisi (PUSPA). Program ini telah berjalan lama dan menyelenggarakan expo kewirausahaan.

”Awalnya hanya dua universitas yang menjadi pendamping. Sekarang sudah ada enam. Konsepnya seperti KKN. Para mahasiswa yang memiliki ilmu mengaplikasikannya dalam pendampingan kepada pelaku UMKM,” ujar dia.

Menurut dia, program ini terbukti berhasil. Pada September 2015 lalu, BI Jabar menyelenggarakan Wubi Fest di mana pesertanya adalah binaan. (adv/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan