Dadang: Pungli Tak Lihat Nominal

bandungekspres.co.id, SOREANG – Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengukuhkan tim satuan tugas (Satgas) sapu bersih (Saber) pungutan liar (Pungli) tingkat Kabupaten Bandung. Pengukuhan dilakukan sebagai komitmen dalam memberantas tindakan pungutan liar yang terjadi di Kabupaten Bandung.

”Tim Saber Pungli ini sudah beroperasi sejak beberapa waktu lalu dan melibatkan berbagai unsur FKPD (Forum Koordinasi Kepala Daerah, Red.) seperti dari Polres Bandung, Kejaksaan Negeri, Kodim (Komado Distrik Militer, Red.), Denpom (Detasemen Polisi Militer, Red.), Badan Kesbangpol, Inspektorat, dan beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red.),” kata Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, usai acara berlangsung di Gedung Moch. Toha Soreang, kemarin (22/12).

”Satgas ini, baru dikukuhkan pada hari ini (kemarin, Red). Agar efektivitas kerja maskimal. Tim ini selanjutnya akan menginformasikan kepada publik, bahwa pemberantasan pungli di seluruh wilayah. Baik instansi pemerintah maupun swasta di Kabupaten Bandung akan lebih serius,” ungkapnya.

Dadang menyebutkan pemberantasan pungli tidak berdasarkan jumlah nominal, berapa pun nilai pungli, baik di layanan publik pemerintahan maupun swasta, akan tetap ditindak.  ”Sebagai upaya menjamin pemerintahan yang bersih dan transparan. Tim Satgas Saber Pungli akan menindak pelaku pungli tanpa melihat nominal,” imbuhnya.

Melalui kehadiran Tim Satgas Saber Pungli, bupati berharap agar komitmen pemerintah daerah dalam upaya akselerasi clean government dan good governance di Kabupaten Bandung bisa terwujud. “Saya harap, dengan adanya Tim Satgas Saber Pungli ini, akan terwujud pemerintah yang bersih dan baik. Khususnya untuk pelayanan terhadap masyarakat,” pungkas Dadang.

Tim ini kata Dadang, akan bekerja sesuai tahapan dan menjalankan 4 fungsi, yakni intelejen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan serta yustisi. Selain itu lanjutnya, tim juga memiliki wewenang untuk membangun system dan standar operasional dan pemberantasan pungli. ”Dalam hal ini masyarakat juga harus berkomitmen untuk membiasakan menjalani proses resmi dan bukan malah melegalkan pungli,” tandasnya.

Ketua Satgas Saber Pungli yang dijabat Wakapolres Bandung Kompol Edwin Apandi, S.IK, MH., mengatakan dalam menjalankan tugasnya tim akan bekerja melalui pola pengamatan dengan cara intelejen untuk tindakan selanjutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan