Copa America Lebih Kompetitif dibanding Euro

bandungekspres.co.id – Sebelumnya baru sekali terjadi, Euro dan Copa America berlangsung pada tahun yang sama. Yang terdahulu terjadi pada 2004. Bedanya, pada 2004, penyelenggaraan dua pesta sepak bola itu tak berlangsung pada bulan yang sama. Euro 2004 digelar 12 Juni sampai 4 Juli, Copa dihelat 6–25 Juli. Tak ada persinggungan jadwal.

Tapi, tahun ini nyaris bersamaan. Copa America Centenario hanya dibuka lebih awal satu pekan dari Euro 2016 di Prancis. Gaung Euro jelas lebih santer terdengar ketimbang Copa America edisi 100 tahun ini.

Dari sisi kontestan, Euro lebih banyak. Euro kali ini diikuti 24 tim, sedangkan Copa America ’’hanya’’ 16 tim. Euro pun dipandang jauh lebih menarik dibanding Copa America.

Tetapi, arsitek tim Amerika Serikat, Juergen Klinsmann yang asli Jerman menyebut Copa akan lebih kompetitif ketimbang Euro. Mantan pelatih Jerman di Piala Dunia 2006 itu mengatakan, kualitas negara kontestan Copa America berada di atas negara-negara Euro.

’’Bertambahnya jumlah kontestan Euro 2016 ini, dari 16 menjadi 24, sebenarnya malah melemahkan kualitas kejuaraan ini,’’ kata Klinsi, sapaan Juergen Klinsmann, sebagaimana dikutip ESPN.

Pria berusia 51 tahun itu menjabarkan, gap dari para negara kontestan Euro terlihat jelas. Ada levelitas dan strata dalam sepak bola Eropa, khususnya di Euro ini. Sementara itu, enam di antara sepuluh negara yang bertanding di zona Conmebol memiliki kemampuan yang lebih merata. Buktinya, sampai matchday keenam kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Conmebol, selisih poin peringkat pertama hingga ketujuh hanya empat angka.

’’Apa yang akan Anda lihat adalah bagaimana Copa America Centenario kali ini sangat spesial dan bisa menyaingi kemeriahan Euro. Semua pemain sangat antusias untuk turnamen ini,’’ ucap Klinsi.

Sementara itu, pelatih Argentina Gerardo ’’Tata’’ Martino menuturkan tak penting membandingkan mana yang jauh lebih besar. Sebab, memang turnamen regional punya level dan tantangan sendiri. Mantan pelatih Barcelona itu menambahkan bahwa Lionel Messi dkk menganggap Copa America ini punya tautan histori yang sangat kuat dengannya. Sebab, Copa America edisi pertama atau seratus tahun lalu diawali di Argentina.

Tinggalkan Balasan