Cimahi Nyatakan Perang Terhadap Narkoba

bandungekspres.co.id, CIMAHI–Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kota Cimahi peringati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang jatuh pada Minggu 26 Juni lalu di area Alun-alun Kota Cimahi pada Senin (27/6) kemarin. Kegiatan ini dilakukan dengan berbagai acara seperti, konvoi komunitas otomotif dan sosialisasi pencegahan narkotika lewat pemasangan stiker.

Menurut Kepala BNNK Kota Cimahi Odang Masdar Dedy, SE, MH, peringatan HANI tidak seperti peringatan-peringatan yang lain, tetapi peringatan ini merupakan aksi memperlihatkan wujud keprihatinan bangsa-bangsa di dunia akibat kondisi penyalahgunaan Narkotika yang kian hari kian bertambah. ”Di negara kita untuk penggunaan narkoba sudah dalam titik yang sangat mengkhawatirkan, maka perlu mengadakan langkah dari semua komponen masyarakat untuk ikut andil dalam pemberantasan narkoba sesuai dengan bidangnya masing-masing,” jelasnya.

Acara ini dikatakannya mengusung tema mendengarkan suara hati anak-anak dan generasi muda agar aman dari penyalahgunaan narkotika. Kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia ini diisi dengan deklarasi para pemimpin Kota Cimahi yang ditandatangani oleh Wali Kota, Wakil Walikota, Kapolres, Kajari, Ketua MUI, DANDIM 0609, Kepala Pengadilan Negeri serta Ketua DPRD Kota Cimahi beserta Kepala BNNK Kota Cimahi. Dalam deklarasi itu dinyatakan stop penyalahgunaan narkoba dan berkomitmen untuk ikut bertanggung jawab menahan laju praferensi penyalahgunaan narkoba. ”Meski ada juga yang berhalangan datang tapi deklarasi tetap akan ditandatangani oleh yang bersangkutan sebagai wujud ikut bertanggung jawab dalam menahan laju praferensi penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Untuk mengurangi pengguna narkoba di Kota Cimahi, Odang menjelaskan pihaknya melalui program pencegahan akan terus berupaya dengan melibatkan seluruh masyarakat. ”Untuk pencegahan memang membutuhkan waktu yang panjang tetapi dengan kader-kader anti penggiat narkotika yang ada. Jadi kita tinggal tingkatkan kemampuan dan keberanian untuk menyosialisasikan tentang dampak dari penyalahgunaan narkoba. Kalau sudah begitu, Insya Alloh masyarakat akan lebih mengerti untuk tidak menyalahgunakan narkotika,” jelasnya.

Dalam acara tersebut selain peringatan HANI dan deklarasi, BNNK Kota Cimahi juga memberikan pengahargaan kepada instansi, pelajar, pendidik serta masyarakat yang peran aktif dalam upaya membangun Kota Cimahi. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan