Cimahi Antusias Sambut Pekan Imunisasi Nasional

Siapkan Balita Sehat dan Cerdas

bandungekspres.co.id – Ratusan masyarakat Kota Cimahi antusias mengikuti kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia pada 8 hingga 15 Maret, kemarin. Setidaknya, ini terlihat saat Wali Kota Cimahi Atty Suharti memantau jalannya program Pemerintah itu.

Dia pun mengucapkan terima kasihnya kepada para kader dan kelompok masyarakat (Pokmas) yang telah membantu menyosialisasikan kepada warga masyarakat Cimahi untuk berpartispasi pada pelaksanaan pekan PIN polio 2016. ”Kehadiran kita saat ini merupakan ungkapan kebersamaan dalam tanggung jawab untuk menjaga dan mempersiapkan balita kita menjadi balita yang sehat dan cerdas,” ungkapnya saat Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Puskesmas Pembantu, Kelurahan Cibereum.

Dikatakan Atty, pelaksanaan PIN merupakan salah satu prasyarat utama dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas. Pasalnya, kasus-kasus yang berkaitan dengan polio terbilang parah. Biasanya, hal ini diperparah dengan kondisi gizi buruk yang berlanjut kepada kematian.

”Kegiatan imunisasi ini dipandang perlu terus ditingkatkan untuk mencapai tingkat population immunity yang tinggi sehingga penyakit ini dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), dan dapat diberantas serta dieliminasi dampaknya seminimal mungkin.” Terangnya.

Atty pun menjelaskan, sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang menjungjung tinggi martabat bangsa, saat ini Indonesia secara umum telah dinyatakan bebas polio oleh who pada 27 maret 2014.
”Ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh seluruh bangsa Indonesia termasuk yang memiliki balita , agar bisa mempertahankan status bebas polio,” jelasnya.

Dia pun mengajak semua kalangan untuk aktif mengikuti PIN secara serempak termasuk peralihan Vaksin Polio tetes Trivalent Oral Polio Vaccine (TOPV) menjadi Vaksin Polio tetes bivalen Oral Polio Vaccine (BOPV).

Pemeritah Kota Cimahi sendiri berusaha memaksimalkan program ini dengan menargetkan sasaran immunisasi polio (usia 0-59 bulan) sebanyak 53.200 anak dengan jumlah Pos Imunisasi 433 Pos Pelayanan PIN terdiri dari 13 Puskesmas, 6 Rumah Sakit, 398 Posyandu, Swalayan, Pasar, dan Stasiun Kereta Api. ”Untuk itu saya mengajak kepada warga masyarakat Kota Cimahi yang memiliki anak usia 0 – 59 bulan dapat membawa anaknya ke Pos Imunisasi untuk mendapatkan pelayanan imunisasi polio secara gratis,” tutupnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan