Chelsea Sulit Jangkau Zona Eropa

bandungekspres.co.id– Chelsea meraih hasil imbang ketiga dalam lima laga terakhir di pentas Premier League. Itu terjadi saat menghadapi West Bromwich Albion di Stamfird Bridge, dinihari kemarin. Akibatnya, ambisi The Blues untuk finish di zona Liga Champions musim ini semakin sulit diwujudkan.

The Blues menjamu West Brom bermodal kemenangan 3-0 dari Crystal Palace, akhir pekan lalu. Sempat unggul dua kali lewat Cesar Azpilicueta dan gol bunuh diri Gareth McAuley, pelatih Guus Hiddink harus rela menyaksikan laga berkesudahan dengan skor 2-2.

Akibat hasil itu, Chelsea tidak beranjak dari peringkat 14. Mereka hanya mampu mengoleksi 12 poin, tertinggal 17 poin dari Tottenham yang menghuni peringkat empat yang merupakan batas terakhir untuk bermain di Liga Champions. Dengan jumlah pertandingan yang semakin berkurang, upaya Chelsea untuk finish di zona Liga Champions jelas akan semakin sulit terealisasi.

Secara matematis, peluang tersebut memang masih terbuka. Syaratnya, Chelsea harus memenangkan 17 laga tersisa. Minimal, kata Hiddink, Cesc Fabregas dan kawan-kawan harus meraih rata-rata 2.8 poin dari total 17 laga tersisa. ”Selama masih mungkin secara matematis untuk finish di posisi empat, kami akan mengejarnya,” kata Hiddink usai pertandingan seperti dilansir Daily Star.

”Kami harus memenangkan semua laga tersisa, setidaknya semua laga kandang yang tersisa. Kami butuh rata-rata 2.8 poin yang notabene merupakan hal sulit. Yang jelas, kami harus menyapu semua laga kandang dengan kemenangan,” imbuh Hiddink yang pernah menangani Barcelona dan Bayern Munchen.

Di atas kertas, perhitungan matematis Hiddink memang cukup masuk akal. Namun, di lapangan hijau, persaingan jelas lebih sengit dari sekedar hitung-hitungan matematis. Di lapangan hijau, Chelsea tak hanya dituntut untuk meraih rata-rata 2.8 poin. Mereka juga wajib berharap pesaing-pesaing mereka seperti Manchester United, Tottenham Hotspur, Liverpool, dan Southampton, tergelincir pada 17 laga terakhir.

Jelas itu bukan hal mudah. Pasalnya, para pesaing Chelsea juga mengusung ambisi serupa dan dibekali materi pemain yang tak kalah berkualitas. Chelsea sebenarnya masih punya alternatif lain, yakni menjuarai Liga Champions musim ini agar lolos otomatis pada musim depan. Namun cara ini tak kalah sulitnya karena The Blues harus bersaing dengan tim elit Eropa seperti Barcelona, Bayern Munchen, Real Madrid, dan Juventus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan