Cek Kesiapan Jalur KA

bandungekspres.co.id, PADALARANG – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 2 Bandung Wilayah Stasiun Padalarang melakukan pengecekan jalur kereta api menjelang mudik Idul Fitri. Hal ini dilakukan guna memastikan kondisi jalur aman dan nyaman dilalui masyarakat.

Kepala Polsek Padalarang Komisaris Suherman dengan Staf Resor Jalan Rel dan Jembatan Stasiun Padalarang Muhammad Chandra menuturkan, pengecekan ini dilakukan lantaran pada saat mudik, aktivitas kereta api meningkat.

”Kita ingin memastikan agar jalurnya memang aman dan tidak ada kendala di lapangan,” kata Chandra, di Padalarang, kemarin.

Dia menyebutkan, pengecekan dan perbaikan rel kereta api tesebut dilakukan di jembatan KM 537 Kampung Cikurutug Desa Cempakamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Perbaikan yang dilakukan seperti ganti bantalan, penggantian plat jembatan, penggantian paku sumbat dan penambat.

”Kita fokus pada jalur yang rusak dan kita akan perbaiki. Kita upayakan agar sebelum mudik kondisi jalur sudah maksimal,” paparnya.

Chandra menjelaskan, kondisi rel cukup baik tidak terlalu banyak kerusakan karena sebagian sudah diperbaiki dan diganti sebelumnya. Perbaikan tersebut, kata dia, harus melakukan perbaikan di saat kereta tidak sedang melintas. ”Melakukan perbaikan jalur ini harus menyesuaikan dengan lintasan kereta api. Agar kondisi rel benar-benar sudah kuat dan baik,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolsek Padalarang menambahkan, antisipasi jalur rel kereta api untuk jalur perlintasan kereta di wilayah Padalarang. Selain itu pengecekan juga dilakukan di beberapa jalur pintu yang resmi dan tidak resmi. ”Kami cek jalur-jalur di daerah Ngamprah dan Padalarang agar jalur kereta api ini benar-benar dalam kondisi baik,” paparnya.

Suherman menyatakan, selain mengecek kondisi jalur, pihaknya juga bersama PT KAI melakukan peninjauan ke beberapa titik rawan longsor. Apalagi, lajut dia, saat ini masih turun hujan sehingga potensi terjadinya longsor bisa terjadi.  ”Kita juga melakukan antisipasi di beberapa titik rawan longsor. Sehingga ketika turun hujan sudah bisa diantisipasi,” paparnya.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, titik rawan longsor berada di KM 150 daerah Cimeta. Pihak kepolisian akan membantu PT KAI dalam mengawal masyarakat saat melakukan mudik. ”Pihak kepolisian bersama-sama dengan PT KAI untuk melakukan pengamanan pada saat mudik Lebaran nanti. Hal ini dilakukan guna memberikan rasa aman masyarakat,” tandasnya. (drx/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan