Cegah Resiko Bencana, Sudiarto Ajak Warga Jaga Kebersihan

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto mengtakan, bencana alam harus menjadi perhatian bersama antara Pemerintah, masyarakat dan staekholder. Tujuannya, agar upaya penanggulangan bencana di wilayah Kota Cimahi tidak hanya sekedar penanggulangan darurat saat kejadian saja.

”Upaya pengurangan resiko dapat menjadi panduan dalam menekan angka kejadian bencana alam maupun non alam secara tepat sasaran. ”kata Sudirtao dalam kegiatan sosialisasi pengelolaan sungai kepada aparatur dan masyarakat di kota cimahi tahun 2016 yang berlangsung di Gedung A, Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi. Kamis (8/9).

Menurut Sudiato, dalam menanggulangi bencana harus dimulai dari hal kecil seperti, membuang sampah pada tempatnya, bekerja bakti membersihkan selokan atau parit-parit di lingkungan rumah masing-masing, termasuk melakukan penghijauan di lahan-lahan kosong sebagai daerah serapan air.

”Karena mencegah dan menanggulangi banjir tak dapat dilakukan oleh pemerintah saja, dibutuhkan komitmen dan kerjasama berbagai pihak untuk menghindari khususnya Kota Cimahi dan pada umumnya kota-kota atau daerah lainnya di indonesia,” lanjutnya.

Sejalan dengan itu, untuk lebih mempererat silaturahmi dan menyatukan persepsi dan langkah – langkah untuk antisipasi dalam kaitannya pengurangan resiko bencana, maka harapan pada kegiatan sosialisasi ini dapat menjadi pengenalan dan pemantauan risiko bencana dan perencanaan partisipatif penanggulangan bencana, pengembangan budaya sadar bencana, peningkatan komitmen terhadap pelaku penanggulangan bencana dan penerapan upaya fisik, nonfisik, serta pengaturan penanggulangan bencana.

Sudirto pun megajak warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan baik itu sungai, lingkungan sekitar, serta keindahan kota.” Kita harus menjaga bersama sama kota yang kita cintai ini menjadi aman, tertib, kondunsif serta dapat terhindar dari segala macam bencana, baik secara menyeluruh maupun khusus dari bencana seperti banjir, longsor, gempa, kebakaran, dan angin puting beliung sebagai bagian dari tanggung jawab bersama,” jelasnya.

“Saya mengajak kaum muda dan masyarakat serta semua komponen yang ada di Kota Cimahi untuk bekerjasama menjaga lingkungan sekitar agar tercipta Cimahi yang bersih demi kelangsungan hidup generasi penerus kita di masa mendatang,” tutupnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan