Bus Wonderful Indonesia Itu bak Undangan buat Wisatawan

Puluhan bus bergambar berbagai destinasi wisata andalan Indonesia menelusuri rute-rute favorit turis di Paris. Karena berbarengan dengan Piala Eropa, seperti berpromosi kepada wisatawan 24 negara.

BASKORO YUDHO, Paris 

DENGAN antusias turis itu memotret bodi bus wisata Paris. Dari depan, samping, dan belakang. Berkali-kali. Seperti tak puas-puas.

”Candi yang megah,” ujarnya sembari memandangi gambar Candi Borobudur yang terpampang di bodi samping bus.

Kekaguman yang sama dilontarkan Wissam Yedder, wisatawan tersebut, ketika memelototi gambar penari Bali di bagian belakang bus. ”Cantik sekali,” kata turis asal Jerman tersebut sebelum menaiki bus itu untuk mengikuti tur keliling Kota Paris

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Indonesia memang tengah gencar melakukan promo wisata di negeri tuan rumah Euro 2016 tersebut. Bus wisata di Paris itu pun dipilih sebagai media promosi. Sejak 21 Juni lalu, logo Wonderful Indonesia menghiasi bodi bus Hop-On Hop-Off itu.

Selain tulisan Wonderful Indonesia, juga dipasang gambar lokasi wisata unggulan di tanah air. Antara lain, Candi Borobudur dan Pulau Komodo. Juga ada gambar penari Bali dan Festival Barong Banyuwangi. Stempel visa free pun tertulis di sana.

”Branding semacam ini sangat efektif. Logo dan gambar Wonderful Indonesia itu akan terpampang di bus wisata Paris hingga 18 Juli,” papar Eka Moncarre, country manager VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) France, kepada Jawa Pos (Jabar Ekspres Group) Selasa lalu (12/7).

Pilihan itu, papar Eka, diyakini efektif karena branding tersebut muncul bersamaan dengan Euro 2016. ”Kan ada 24 negara yang tampil di Piala Eropa. Otomatis, ada wisatawan dari 24 negara pula yang hadir di Prancis, khususnya ke Paris,” jelas Eka.

Total, ada 20 bus yang ditempeli stiker dan logo Wonderful Indonesia. Bus-bus tersebut melewati jalur-jalur favorit wisatawan di ibu kota Prancis tersebut. Di antaranya, Grand Magasins, opera, Palais Royal, Musee du Louvre, Notre Dame, Saint-Michel, Musee d’Orsay, Concorde, Champs Elysees, Georges Vm Charles de Gaulle, Etoile, Trocadero, Tour Eiffel, Invalides, Concorde, Royale, dan Madeleine.

”Ini (branding di bus, Red) ibaratnya undangan buat wisatawan,” terang dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan