Buka Peluang Bekerja, Kembangkan Teknologi Industri UMKM Alternatif

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) mengadakan bursa kerja (job  fair) yang berlangsung selama tiga hari mulai 26 Juli sampai 28 Juli 2016 bertempat di Lantai 2 Cimahi Mall.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kota Cimahi Supendi Heryadi menyebutkan, job fair ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada warga mendapatkan peluang bekerja di perusahaan-perusahaan yang menjadi peserta job fair. “Ada 38 perusahaan yang mengikuti job fair tahun ini dengan 1750 lowongan kerja, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh warga Cimahi dalam menagkap peluang kerja ini,” sebutnya, kemarin.

Sedangkan Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengatakan, kehadiran perusahaan  dan ketersediaan lowongan kerja ini, merupakan kebersamaan yang terbangun dari pihak pemerintah yang memiliki tanggung jawab untuk rakyatnya, demikian pula perusahaan yang memilki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar untuk ikut membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran. “Pemerintah Kota Cimahi mempunyai tanggung jawab masyarakat harus mendapatkan  kesempatan bekerja, agar dapat memberikan kontribusi terhadap ketahanan ekonomi keluarga yang akhirnya secara keseluruhan memberikan sumbangan penambahan  daya beli rakyat yang meningkat  di Cimahi.” katanya.

Atty pun menyampaikan, bahwa program job fair setiap tahun diselenggarakan. “Alhamdulilah, tahun ini perusahaan yang terlibat lebih banyak dari tahun tahun sebelumnya. Untuk itu, peluang ini agar dimanfaatkan secara maksimal oleh para pencari kerja,” lanjutnya

Kota Cimahi tidak memiliki areal bebas yang terbuka sebagai potensi untuk pengembangan industri atau pengembangan pusat kegiatan lainnya. Sedangkan  industri yang ada sudah optimal, dengan demikian peluang sangatlah terbatas, sehingga program kegiatan lain yang dilaksanakan di  Cimahi adalah pelatihan  peningkatan keterampilan  kerja. “Dengan adanya lembaga yang mampu menggodok keterampilan pencari kerja, untuk meningkatkan keunggulan keterampilan  kerja agar pencari kerja cimahi memiliki peluang lebih besar di pasar kerja regional atau nasional, bahkan global,” jelasnya.

Atty Suharti juga mengatakan, bahwa di Cimahi akan dibangun  technopark, dimana tempat ini akan digunakan untuk pengembangan alternatif teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM, terutama kegiatan industri rumahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan