Bina Mental Pemain Muda

bandungekspres.co.id – LEGENDA Persib Bandung di era 1960-an, Rukman memprediksi ketiga pemain muda Persib yakni, Gian Zola, Febry Haryadi dan jujun Saepulloh kelak akan menjadi pemain besar. Hanya saja semua itu harus mendapat bimbingan dengan benar dari para pelatih dan senior.

”Pemain muda ada peluang (jadi pemain besar) cuma harus dipupuk mentalnya, harus ada yang membimbing, jangan sampai nantinya jadi over,” ujar Rukman ditemui di mess Persib, Senin (27/6).

Menurutnya, selain pelatih pemain senior pun memiliki andil besar membuat penampilan dan mental juniornya semakin mantap. Karena itu, senior pun harus menjadi contoh yang baik di dalam maupun di luar stadion. ”Harus ada petunjuk. Dibina saja, biasanya senior yang harus memberikan pembinaan,” katanya.

Rukman mengenang saat pertama kali menggunakan jersey Maung Bandung, ada Aang Witarsa Legenda Persib lainnya yang selalu memberikan petunjuk. Sebagai pemain muda kala itu, Rukman mengaku banyak terbantu.

”Iya dulu waktu saya junior, seniornya itu Pak Witarsa. Saya sering dikasih tahu, pemain mudanya nurut-nurut saja kalau dulu,” jelasnya.

Walaupun zaman sudah berbeda, namun pada zamannya tak ada kesenjangan, khusunya ketika berada di lapangan. Artinya setiap pemain memiliki tugas dan porsi masing-masing saat bertanding. ”Kalau dulu di Persib saling membantu sih,” pungkasnya. (Nit/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan