Bina Marga Tuntaskan Sisa 20 Persen Jalan

bandungekspres.co.id, ‪NGAMPRAH – Dinas Bina Marga,Sumber Daya Air dan Pertambangan (DBMSDAP) Bandung Barat mengklaim sudah menyelesaikan perbaikan jalan sebanyak 80 persen. Sisanya, 20 persen lagi akan dikerjakan akhir tahun. Sejumlah paket perbaikan jalan telah dan sedang dikerjakan hingga akhir tahun ini.

”Pada tahun ini terdapat 24 paket perbaikan jalan yang didanai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bandung Barat, satu paket dari Bantuan Gubernur, dan delapan paket dari Dana Alokasi Khusus,” kata Kepala DBMSDAP Rakhmat Adang Syafaat di Ngamprah, kemarin (31/10).

Sisa perbaikan jalan ditargetkan rampung pada Desember 2016. Lebih jauh, paket jalan yang sedang diperbaiki di antranya Jalan Purabaya-Jati-Saguling.

Diakui olehnya, saat kendalanya hanya cuaca. Namun, melihat sisa waktu yang masih ada, phaknya optimistis perbaikan jalan itu bisa selesai akhir tahun. Untuk jalan Dagogiri-Lembang saat ini juga tengah diperbaiki dengan sumber dana dari Bangub Jabar.

Kerusakan jalan itu sebelumnya dikeluhkan warga setempat lantaran sudah dua tahun tak diperbaiki. Menurut Adang, perbaikan jalan di Bandung Barat saat ini diprioritaskan untuk menunjang akses masyarakat di berbagai bidang.

”Sebab jika jalan rusak, akses perekonomian, kesehatan, pendidikan, dan lainnya bisa terhambat,” katanya.

‪Pada tahun ini, Pemkab menganggarkan perbaikan jalan sebesar Rp 120 miliar. 75 persennya untuk wilayah selatan, seperti Cililin, Cipongkor, Sindangkerta, Gununghalu, dan Rongga.

Selain ditangani APBD, perbaikan jalan di wilayah selatan itu juga dibantu dana corporate social responsibility (CSR) dari PLN. ”Perbaikan jalan meliputi pembangunan, peningkatan, dan pemeliharaan,” katanya.

‪Untuk melakukan pemeliharaan jalan, Dinas Bina Marga memiliki Tim Reaksi Cepat untuk menanganinya. Dengan demikian, jalan-jalan berlubang di berbagai titik bisa segera diperbaiki. Semenjak Bandung Barat, kondisi jalan di Bandung Barat banyak diperbaiki.

”Harapan kita ke depan jalan-jalan yang berlubang dan rusak akan terus mulus dan nyaman,” pungkasnya. (drx/nit)

Tinggalkan Balasan