BI Jabar Bawa Rp 500 Juta ke Pasar Cikajang

bandungekspres.co.id, GARUT – Untuk memenuhi kebutuhan uang kartal pada Ramadan dan Lebaran, Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat, menyediakan uang tunai lebih dari Rp 500 juta berbagai jenis pecahan untuk ditukarkan di Pasar Cikajang, kemarin (8/6).

Pelayanan penukaran uang tersebut, dilakukan BI dengan bersama Ikatan Warga Pedagang Pasar Cikajang menggunakan mobil kas keliling. Para pedagang pasar, bisa menukarkan uang berbagai jenis pecahan, termasuk uang lusuh. Makanya, pelayanan BI tersebut langsung diserbu pedagang dan pengunjung pasar.

Kepala Divisi Pembayaran dan PUR BI Jawa Barat Mikael Budisatrio mengungkapkan, BI memberikan layanan penukaran uang di tempat-tempat keramaian. Salah satunya, pasar-pasar tradisional. ”Tujuan mempermudah dan mempercepat masyarakat mendapatkan uang tunai yang diperlukan di bulan Ramadan dan menyambut hari raya,” kata Mikael, kemarin (8/6).

Ketua Iwappa Pasar Cikajang Agus F Tura mengungkapkan, penukaran uang saat ini memang sangat diperlukan para pedagang. Sebab, tingginya transaksi jual beli di pasar di awal-awal Ramadan. Dengan begitu, para pedagang sangat memerlukan uang pecahan untuk transaksi dengan pembeli.

”Sebelumnya kita sudah dapat sosialisasi UU Nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang rupiah, semoga kedepan kerja yang sudah terjalin bisa terus berlanjut, kita siap jadi mitra BI,” katanya.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar Kabupaten Garut M Ramdhani S Sos memandang, kemitraan antara Iwappa Pasar Cikajang dengan BI sangat membantu para pedagang pasar. Oleh karenanya, dirinya berharap, Iwappa di pasar-pasar lain bisa terus membuat terobosan untuk memperjuangkan para pedagang di pasar masing-masing. ”Ini bisa jadi contoh bagi Iwappa lain di seluruh pasar yang ada di Garut,” katanya. (fer/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan