Bersaing Ketat dengan Lima Negara, Ajang World Robot Games (WRG)

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Enam negara beradu aksi menjadi yang terbaik dalam Ajang World Robot Games (WRG) di Lembang Asri Resort, Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat, kemarin (25/8).

Lokasi tersebut menjadi titik panas adu teknologi antar pemilik robot dari enam negara: Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina dan Cina. Mereka mengikuti kompetisi untuk keluar menjadi yang terbaik di tahun ini.

World Robot Game 2016 -

Tercatat, sebanyak 500 peserta di antaranya 168 pelajar SMP dan SMA asal Indonesia turut ambil bagian dalam ajang kompetisi robotika Internasional bertajuk World Robot Games (WRG) ini. Kompetisi WRG ini merupakan kali kedua digelar digelar setelah sebelumnya sukses digelar di Jakarta dengan diikuti oleh 200 peserta.

Pendiri Kompetisi WRG, Yohanes Kurnia mengungkapkan, kompetisi WRG ini digelar untuk membuktikan negara mana yang menjadi terbaik dalam membuat robot yang ditampilkan. Tujuan WRG ini, untuk mempersatukan para ahli robot dunia dalam satu wadah bernama World Teaches Robot Federation (WTRF).

Dia memerinci, di dalamnya, para ahli robot bisa berbagi dan belajar pengetahuan tentang robot. ”Memang ada asosiasi regional-regional di negaranya untuk saling berbagi pengetahuan tentang robot melalui ajang kompetisi WRG ini. Di kompetisi ini mereka ditantang untuk menjadi yang terbaik,” ungkap Yohanes yang juga sebagai pencipta Robot Pintar Indonesia dan Robot Park saat ditemui disela-sela acara, kemarin.

Kompetisi WRG sendiri diikuti oleh para ahli robot dari kalangan pelajar setingkat SMP, SMA dan umum. Mereka akan bertarung dalam 10 jenis kompetisi, seperti robot pemadam api, sumo, robot menyelam di dalam air, robot kreatif, robot inovatif dan kompetisi lainnya. ”Untuk kalangan umum atau profesional akan digelar pada malam hari,” ungkap Yohanes.

Dikatakan Yohanes, karya anak-anak Indonesia tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan anak-anak dari negara lain yang ikut dalam kompetisi. Terutama inovasi robot yang dibuat khusus untuk menangani bencana alam (disaster robo).

Dia optimistis, peserta  Indonesia bisa tampil sebagai juara umum pada ajang WRG kali ini. ”Tahun lalu memang kompetisi ini dimenangkan oleh negara lain. Namun, tahun ini saya yakin Indonesia akan keluar sebagai juaranya,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan