Berharap Menjadi Destinasi Wisata

bandungekspres.co.id, CIHAMPELAS – Bupati Bandung Barat Abubakar meninjau langsung akses jalan menuju venue gantole di Kampung Cihurang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. Pemantauan tersebut sengaja dilakukan jelang Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat yang akan digelar tiga bulan ke depan, tepatnya September 2016. Abubakar yang didampingi langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat Agustina Piryanti serta rombongan dari pengurus KONI Kabupaten Bandung Barat meninjau seluruh persiapan pelaksanaan PON.

Berdasarkan pantauan di lapangan, proses pengerjaan perbaikan infrastruktur jalan menuju venue gantole sudah mulai tampak dikerjakan. Tembok penahan tebing (TPT) untuk mencegah terjadinya longsorpun untuk sebagian selesai dikerjakan. Sementara untuk jalan sudah mulai tampak pematangan dan perataan badan jalan dengan ditaburi batu.

Abubakar menuturkan, pihaknya selaku Ketua Sub PON XIX KBB tentunya sangat mendukung kepada panitia PON yang telah merancang kegiatan ini. Sebagai bentuk dukungannya, iapun memerintahkan kepada setiap dinas terkait untuk ikut terlibat dalam mensukseskan kegiatan ini. ’’Kita tinjau langsung kondisi jalan menuju lokasi yang akan digunakan oleh para atlet nanti. Kita dukung penyelenggaraan ini agar sukses,” kata Abubakar.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat ini, jalan di kawasan venue gantole dalam perbaikannya memang memerlukan waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan perbaikan jalan-jalan lainnya. Hal itu tidak lain karena medan cukup sulit yang harus dihadapi. ’’Perbaikan jalan menuju venue gantole memang memiliki medan yang cukup sulit, belum lagi harus membangun tembok penahan tebing yang membutuhkan waktu lama yang tidak lain untuk pengaturan drainasenya,” terang Abubakar.

Jalan yang memiliki panjang 5 kilometer ini, dalam perbaikannya akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 3,9 miliar. Pengerjaan jalan ini ditargetkan harus selesai pada 24 Agustus saat akan digelarnya kejuaraan PON XIX Jawa Barat. ’’Kita kerja sama dengan Perhutani, jalannya akan diperlebar dan diperkeras agar memenuhi standar kelayakan jalan dan penanggung jawabnya dinas pendidikan, karena masih venue gantole,” bebernya.

Abubakar menyebutkan, cabang olahraga yang akan diperlombakan di KBB ada 5 cabor, di antaranya gantole, panjat tebing, ski air, berkuda, dan sepeda road race. Sementara untuk venue gantole, kata Abubakar, secara teknis menjadi tanggung jawab Disdikpora.  Namun demikian, Disdikpora juga harus didukung oleh dinas-dinas lainnya, seperti Bappeda dan Dinas Bina Marga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan