Baru Dibangun, Plafon Aula Kantor Kecamatan Ambruk

bandungekspres.co.id, INDRAMAYU – Tidak ada hujan tiada angin, atap plafon (langit-langit) aula kantor Kecamatan Kandanghaur tiba-tiba ambruk, kemarin (2/8). Kondisi kantor yang sepi, tidak menimbulkan korban jiwa dalam kejadian sekitar pukul 02.00 itu.

Namun, runtuhnya plafon yang baru tuntas dikerjakan sekitar akhir tahun 2015 lalu itu menimbulkan sejumlah prasangka. Dugaan yang menguat, ambruknya plafon akibat pekerjaannya yang asal-asalan. Hal itu terindikasi dari kontruksi baja ringan yang terlihat rapuh serta kurang kuatnya tancapan GRC.

Selain itu, tanda-tanda bakal ambruknya plafon sudah berlangsung lama. Ditandai dengan banyaknya GRC yang rusak, miring dan cembung ke bawah. ”Sudah lama rawan ambruk. Sekarang baru kejadian,” ucap Suharto, salah seorang pegawai.

Pasca kejadian, praktis ruang aula tidak lagi bisa digunakan. Padahal sepanjang bulan Agustus ini bakal banyak kegiatan menyambut HUT RI ke-70. ”Anak-anak Paskibra kalau latihan dan istrihatkan diruangan ini. Untung ambruknya gak ada orang,” kata Suharto.Camat Kandanghaur Iim Nurohim SSos, MSi mengakui, kondisi plafon di ruangan aula sudah rawan ambruk meskipun baru sekitar 7 bulan dibangun. Pihaknya, akan segera melakukan perbaikan dengan dana swadaya lantaran sudah lepas dari tanggung jawab pemeliharaan pelaksana proyek.

”Ya mau bagaimana lagi. Kontraktornya sudah gak ada, terpaksa bangun ulang sendiri. Kita juga akan meminta ahli bangunan untuk mengecek seluruh kondisi plafon kantor kecamatan. Jangan sampai kejadian seperti ini terulang. Bahaya,” tandas dia. (kho/rie)

Tinggalkan Balasan