Masih Banyak Ibu Enggan Menyusui

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati menegaskan, pemberian air susu ibu (ASI) menjadi tanggung jawab seluruh pihak. Sebab, menyusui eksklusif, dapat menurunkan angka kematian pada bayi.

”Sebab, ASI eksklusif sangat penting bagi bayi agar tubuhnya sehat,” jelas Alma saat memeringati Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week) di Dinas Kesehatan Jawa Barat, kemarin (7/8).

Alma menerangkan, keluarga, lingkungan, hingga pemerintah bertanggung jawab atas pemberian ASI pada balita. ”Oleh karena ini, rangkaian kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa membuka mata banyak pihak akan pentingnya pemberian ASI sebagai kunci pembangunan berkelanjutan,” paparnya.

Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Jabar Andriana Chaizir mengatakan, peringatan Pekan ASI se-dunia 2016 (PAS 2016) bertujuan untuk memberi informasi yang benar tentang ASI dan manfaatnya bagi tumbuh kembang anak. Termasuk mengajak berbagai pihak untuk ikut berperan serta mendukung ibu menyusui hingga anak berusia dua tahun

”Dengan mendukung ibu menyusui akan berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di masa mendatang. Menyusui, tidak hanya memberi manfaat untuk bayi, karena menyusui juga memberi kontribusi pada peningkatan kesejahteraan keluarga,” tutur Andriana.

Adriana mengatakan, tema yang diangkat pada peringatan tahun ini ‘Menyusui sebagai Kunci Pembangunan Berkelanjutan’ yang menandai dimulainya kampanye dan edukasi tentang peran menyusui pada pencapaian 17 poin tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Andriana mengungkapkan, AIMI Jabar sebagai organisasi nirlaba non-pemerintah pendukung ASI dan ibu menyusui di Jawa Barat menggunakan momentum PAS 2016 dengan beragam kegiatan.

”Perayaan Pekan ASI AIMI Jawa Barat dilakukan di 2 kota yaitu Depok dan Bandung. Melalui kegiatan peringatan Pekan ASI Sedunia 2016 ini kami harap dapat memberi informasi kepada masyarakat, khususnya di Jawa Barat, tentang pentingnya ASI dan menyusui,” jelas Andriana.

Terpisah, istri Wakil Gubernur Jawa Barat yang juga merupakan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Gisela Deddy Mizwar menegaskan, sangat mendukung dengan adanya kegiatan tersebut. Dengan demikian, para ibu bisa lebih mengetahui pentingnya ASI bagi anak-anak mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan