Bantuan Operasional PAUD Tembus Rp 3,5 T

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Kabar baik bagi pengelol lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tahun depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meningkatkan alokasi dana bantuan operasional PAUD. Alokasinya memcapai Rp 3,5 triliun untuk sekitar 190 ribu unit PAUD.

Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (PAUDNI) Kemendikbud Ella Yulaelawati mengatakan, alokasi dana bantuan operasional PAUD tahun ini Rp 3,25 triliun. ”Tahun depan anggaran itu kita naikkan jadi Rp 3,5 triliun,” kata Ella di sela paparan persiapan kegiatan Merayakan Ibu Bangsa di kantor Kemendikbud kemarin (21/12).

Ella menjelaskan dengan anggaran Rp 2,28 triliun, dana bantuan operasional PAUD menyasar sekitar 3,8 juta anak. Sedangkan dengan anggaran tahun depan yang mencapai Rp 3,5 triliun, sasarannya bertambah jadi 5,5 juta anak. Besaran alokasi dana bantuan operasional PAUD dipatok Rp 600 ribu/anak.

Dia mengatakan usia anak didik PAUD adalah 0-6 tahun. Namun kebanyakan yang menerima dana bantuan operasional adalah anak usia 3 sampai 6 tahun. Sebab lembaga pendidikannya sudah terdaftar di Kemendikbud. ”Selain itu data anaknya juga telah didaftarkan oleh PAUD masing-masing ke Kemendikbud,” katanya.

Selayaknya dana bantuan operasional sekolah (BOS) di jenjang SD, SMP, dan SMA, dana bantuan untuk PAUD itu diberikan ke lembaga pendidikannya. Ella mengatakan tahun depan ada fungsi baru dana operasional PAUD. Yakni untuk operasional bunda PAUD mengunjungi wali murid di rumah masing-masing.  (wan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan