Bangkitkan Semangat Bela Negara Generasi Muda

Kodam III/Siliwangi tidak pernah henti memupuk semangat bela negara dan pemberian wawasan kebangsaan kepada generasi muda, untuk menghadapi ancaman nyata kehidupan bangsa. Tidak saja dilakukan di tingkat Kodam, upaya tersebut terus dilakukan hingga ke jajaran Koramil.

Di sisi lain generasi muda adalah aset bangsa, masa depan bangsa dan negara akan bergantung kepada generasi muda sebagai pewaris tongkat estafet dari generasi sebelumnya.

Salah satu koramil yang juga berupaya mensosialisasikan wawasan kebangsaan untuk memupuk semangat bela negara serta membekali dan memersiapkan generasi muda bangsa untuk menumbuhkan dan menguatkan semangat wawasan kebangsaan adalah Koramil 1803/Andir, Kodim 0618/BS.

Pada Senin (15/2) Koramil 1803/Andir menggelar kegiatan pembekalan Wawasan Kebangsaan terpadu bersama Polsek dan Kecamatan Andir di SMAN 4 Bandung, Jalan Gardujati No. 20 Kota Bandung.

Kegiatan diawali dengan upacara bendera, yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, komandan, dan anggota Koramil 1803/Andir serta Wakapolsek bersama anggota Polsek Andir.

Bertindak selaku Inspektur upacara Camat Andir Bapak Novidi, M. Si. didampingi oleh Danramil 1803/Andir Mayor Inf Usep Setiawan, Wakapolsek Andir AKP Heri serta Kepala SMAN 4 Bandung Ibu Dra. Entin Kartini, MM.

Mayor Inf Usep Setiawan mengatakan, wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya meliputi wilayah darat, air dan udara beserta batas-batas wilayahnya yang harus kita lindungi, amankan dan pertahankan dari gangguan dan rongrongan baik dari dalam maupun luar negara.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa setiap siswa sebagai generasi penerus bangsa harus berwawasan kebangsaan yang mempunyai jiwa patriotis. “Bela negara merupakani rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia dan mempunyai disiplin, agar dapat lebih maju dalam belajar sehingga tercipta bangsa yang pandai serta agar menjauhi bahaya narkoba yang dapat merusak moral bangsa.

Pada kesempatan yang sama, secara singkat Camat Andir juga menyampaikan pentingnya memelihara K3 khususnya di sekitar sekolah agar tercipta lingkungan didik yang bersih, nyaman dan indah. Wakapolsek juga menyampaikan bahwa dalam rangka memersiapkan generasi muda yang tangguh harus terbebas dari pengaruh alkohol dan Narkoba.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan