Bandung Harus Bisa Layak Anak

bandungekspres.co.id, Bandung – Kampanye Three Ends di Kota Bandung berakhir. Tapi, semangat untuk mewujudkan ketiga nilai program tersebut dinilai harus tetap terjaga.

Wakil Wali Kota Bandung Oded Danial membacakan Komitmen Three Ends di hadapan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise dan ribuan warga Bandung saat penutupan kampanye Three Ends di Plaza Balai Kota Bandung, kemarin (20/11). Komitmen itu merupakan bagian upaya pemerintah melindungi masyarakat dari kekerasan, ketidakadilan dan perdagangan manusia.

”Kota Bandung merupakan kota yang sangat peduli terhadap perempuan dan anak. Melalui berbagai program, kita akan terus mengupayakan agar kota ini menjadi tempat yang layak dan ramah bagi mereka,” kata Oded sebelum membacakan Komitmen Three Ends.

Usai membacakan komitmen, Yohana didampingi Oded dan istri Siti Muntamah Danial serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Yossi Irianto menutup rangkaian acara dengan pelepasan ratusan balon ke udara. Yohana mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bandung atas dukungan yang telah diberikan kepada Kementerian PPPA dalam menyukseskan kampanye ini.

”Saya melihat bahwa Bandung sudah semakin maju, perempuannya sudah semakin berkembang di berbagai bidang. Saya percaya itu. Semoga Bandung sebagai kota modern dan kota yang bahagia betul-betul bisa menjadi kota ramah anak, layak anak, ramah perempuan dan layak perempuan,” kata Yohana.

Dia berharap, agar Kota Bandung dengan indeks kebahagiaannya yang tinggi dapat menjadi role model untuk menginspirasi kota-kota lainnya di berbagai daerah. Menurutnya, masih banyak daerah lain yang memerlukan perhatian khusus karena perempuan dan anak masih belum berada di tempat yang seharusnya.

Yohana pun mengajak kepada seluruh masyarakat yang hadir pada kampanye itu untuk bersama-sama mengakhiri kekerasan, perdagangan manusiadan keterbatasan akses ekonomi untuk perempuan.

”Saya mengharapkan kita semua bisa bersama-sama mengakhiri kekerasan ini. Jangan jauh-jauh. Jika kita menemukan tetangga-tetangga yang mengalami kekerasan, mohon didekati dan diberi tahu bahwa undang-undang perlindungan sudah ada. Mereka yang melanggar bisa berhadapan dengan hukum,” ujar dia.

Sebelumnya Wali Kota Bandung mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan Three Ends sebagai bentuk upaya untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, memberikan perlindungan terhadap anak dan memberikan akses ekonomi kepada perempuan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan