Balon Harus Pintar Mencermati Dinamika Politik

bandungekspres.co.id – Kendati pelaksanaan Pilkada Kota Cimahi baru akan dilaksanakan pada 2017 nanti, namun nuansa politik sudah sangat terasa. Bahkan, berbagai kalangan masyarakat di kota ini mulai memunculkan pendapat dan harapannya kepada calon pemimpin ke depan.

Tidak hanya itu, sejumlah partai politik pun mulai berani mengungkapkan keinginannya mengusung calon dari partainya. Hal ini seperti yang diharapkan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat yang juga sebagai Ketua Keluarga Besar Marhaenis Gatot Tjahjono.

Dirinya berharap, kader partai moncong putih itu dapat muncul baik untuk bakal calon Wali Kota Maupun Wakilnya. ”Harapan ini menjadi sangat masuk akal melihat hasil Pileg yang lalu bahwa PDIP sukses mengantarkan kadernya menjadi ketua DPRD Kota Cimahi. Bagi Kader PDIP, dinamika politik seperti ini harus dicermati, mengingat cukup tajam persaingan di sini,” kata Gatot, kemarin.

Gatot juga mengimbau kepada para kadernya bahwa atmosfir politik pemain lama ada kemungkinan besar akan muncul kembali.”Incumbent akan kembali maju merebut kursi satu Cimahi, dan kader harus memperhitungkan semua unsur dan rekam jejak yang dimilikinya, baik modal politik maupun sosial, karena masyarakat saat ini sangat pintar dalam memilih,” katanya.

Dilanjutkannya, Cimahi sebagai penyangga Ibu Kota Provinsi Jabar harus memiliki Kepala Daerah yang visioner dan mampu menata berbagai persoalan masyarakat. Seperti masalah kemacetan, infrastruktur, penataan pasar, kaki lima, terminal dan sarana angkutan umum yang sesuai keinginan masyarakat, bukan keinginan proyek segelintir orang,” tuturnya. ”Saya berharap Kader PDIP yang akan maju di Pilkada Cimahi di Februari 2017 harus bagus dan memiliki rekam jejak yang baik dimata masyarakat,”sebutnya.

Sedangkan tekait dengan pendaftaran bakal calon, Ketua DPC PDIP Kota Cimahi Denta Irawan menyebutkan, beberapa nama yang sudah mendaftar hingga 28 Februari kemarin, adalah M. Denis Titanio (pengusaha), H. Ence Tarman Suwandi (kader PDIP), H Armet, SE (Politisi), Ikin Sodikin (Mantan Ketua KPU), Bambang Arie Nugroho (Mantan Sekda), H. Isandar Subrata (Mantan Sekda), Dadan Kuriansyah (Akademisi), H. Ajay M (kader) , H. Yusf Zainal Abidin (Tokoh Masyarakat), dan Maktal Nugraha (Direktur Perusda).”Kami akan melaporkan hasil penjaringan ini ke DPD dan DPP .Tak hanya popularitas dan elektablitas, respon dan kepercayaan masyaraat menjadi pertimbangan siapa bakal calon yang akan direkomendasikan,” pungkasnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan