35

Atty Ajak Warga Jaga Kebersihan

Gotong Royong Membersihkan Sungai

gotong-royong
NUR AZIS /CIMAHI EKSPRES
GIATKAN GOTONG ROYONG: Wali Kota Cimahi,Atty Suharti memantau kegiatan gotong royong membersihkan sungai dibeberapa titik di kawasan Kota Cimahi. Hal ini sebagai antisipasi dalam menanggulangi banjir di wilayahnya.

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Kota Cimahi yang berada di daerah cekungan dan bagian terendah dari daerah tangkapan air wilayah Bandung Utara, membuat kawasan Cimahi menjadi salah satu kota rawan bencana. Untuk itu, Wali Kota Cimahi, Atty Suharti berpesan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga alam dan kebersihan sungai.

”Kita dapat melihat areal tangkapan air Bandung Utara sudah berubah fungsi menjadi hunian. Jika hujan turun aliran air dari wilayah Bandung Utara akan melewati Cimahi dan mengakibatkan genangan dibeberapa titik,” katanya, saat melakukan aksi bersih-bersih sungai di Lapangan RW 02, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Minggu (9/10).

Atty juga mengatakan, genangan dan limpahan air juga diakibatkan adanya penyempitan pepermukaan sungai dan penumpukan  sampah serta adanya penghambat benda lainnya dipermukaan sungai. ”Kita bersyukur diberi kekuatan oleh yang maha kuasa untuk dapat hadir bersama bergotong-royong melaksanakan bersih-bersih sungai, sebagai kegiatan yang sederhana untuk mengurangi resiko bencana,” katanya kepada para peserta apel siaga bencana

Sementara aksi bersih sungai tersebut digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, diikuti seribu personel gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Polri, TNI dan sejumlah elemen masyarakat. Dalam aksi bersih-bersih ini, BPBD Cimahi juga menurunkan sejumlah alat berat. Adapun sungai yang dibersihkan diantaranya, Sungai Kali Malang,  Cibodas dan Sungai Gempol. Pembersihan dilakukan untuk mengantisipasi banjir dari luapan sungai tersebut jika intensitas hujan tinggi. (bun/asp)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.