Atlet Panahan Mulai Tes Venue

bandungekspres.co.id – ATLET cabang olahraga (cabor) atletik  Pekan Paralimpik Nasional (Pepernas) XV/2016 mulai menjalani tes venue di Lapangan Komite Olahraga Nasional (KONI) Jawa Barat kemarin (13/10). Lapangan ini sudah sepenuhnya diap digunakan ajang multievent olahraga empat tahunan tersebut.

Ketua panitia pelaksana pertandingan cabor panahan Peparnas XV Rahmat Suparjo mengatakan, tes venue sangat penting agar atlet dapat memahami lapangan tempat mereka akan berlaga.

”Hari ini (kemarin, red) uji coba lapangan archery (panahan) bagi para atlet untuk berlaga nantinya. Juga uji coba untuk melihat bagaimana bekerjanya screen yang menampilkan jam digital untuk hari H berlaga,” kata Rahmat.

Dia mengungkapkan, terdapat 31 medali emas yang diperebutkan para atlet di cabor atletik Peparnas XV Jawa Barat.

”Total medali itu dibagi menjadi beberapa kelompok. Karena panahan duduk dan panahan berdiri memiliki perbedaan tingkat disabilitasnya. Juga dari nomor lomba perseorangan, maupun kelompok,” ujar Rahmat.

Namun, dari segi prasarana masih belum dirasa optimal. Pertandingan yang akan dimulai Minggu (16/10) ini masih memiliki kekurangan untuk toilet dan tempat yang khusus disediakan bagi penonton.

”Memang sampai saat ini, persiapan sudah total 80 persen. Sekarang sedang proses pengadaan (untuk tenda, sound system, dan panggung), toilet difabel sudah ada tapi belum berfungsi. Karena pelaksanaan tanggal 16 (Oktober). Kita masih punya spare waktu. Karena sekarang test event khusus untuk bantalan, jam digital, kondisi lapanganSarana sudah siap. Prasarana masih nunggu kedatangan. Kemunkinan tanggal 15 sudah 100 persen. Atlet sudah oke, hotel sudah oke, panpel sudah oke,” imbuhnya.

Rahmat berharap, begitu pelaksanaan semua kendala akan teratasi. ”Kalau adanya hujan kan memang anugerah. Tapi ada peraturannya tentang pelaksanaan jika terjadi hujan. Kalau hujan gerimis begini nggak masalah. Ada di aturan mengenai derasnya hujan. Kita berharap saja dari segi pelaksaanaan, administrasi, dan prestasi atletnya semua baik.” Pungkasnya. (mg1/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan