Atasi Banjir, Dua Sungai harus Dinormalisasi

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Terkait normalisasi Sungai Cilember dan Cibeureum, kebutuhan lahan yang harus disiapkan Pemkot Cimahi ialah seluas sekitar 1,44 hektare, yang berada di Kecamatan Cimahi Tengah dan Cimahi Selatan. Setelah lahan itu tersedia, maka normalisasi sungai dapat dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Permukiman dan Perumahan Dinas PU Kota Cimahi Agus Hapriyadi mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi mengenai kebutuhan lahan untuk normalisasi sungai. Meski begitu, pembebasan lahan kemungkinan baru dilakukan pada tahun depan.

Agus menuturkan, salah satu daerah yang bakal terkena pembebasan lahan ialah di Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah. Menurut dia, warga di RT 2 dan 3 di RW 8 sudah menyambut baik rencana pembebasan lahan untuk normalisasi sungai itu.

Sedangkan menurut Kepala Seksi Sarana Prasarana Permukiman Perumahan Dinas PU Kota Cimahi Deni Herdiani mengatakan, ada delapan proyek drainase yang dilelangkan di Dinas PU, dengan total anggaran sekitar Rp 2,9 miliar. Pengadaan untuk proyek drainase juga dilaksanakan melalui mekanisme penunjukan langsung, dengan total biaya sekitar Rp 1,4 miliar. (hms/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan