Angkot Dituding Biang Kerok Kemacetan

bandungekspres.co.id– Terjadinya kemacetan di kawasan Jalan Mahar Martanegara tidak hanya disebabkan oleh padatnya angkutan kota yang melintas kawasan tersebut. Namun, banyaknya PKL dan beberapa kendaraan besar juga menjadi penyebabnya. Hal ini seperti dikatakan Ketua DPC Organda Kota Cimahi Dida Suprinda.

peresmian terminal
PERESMIAN TERMINAL: Wali Kota Cimahi Atty Suharti saat meresmikan keberadaan Sub Terminal Cimindi di Jalan Mahar Martanegara, Selasa (19/1) kemarin.

”Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Cimahi dalam hal ini Dishub yang telah melaksanakan aspirasi untuk penyediaan sub terminal Cimindi, walaupun dikatagorikan sebagai terminal type C,” terangnya saat peresmian sub Terminal Cimindi di Jalan Mahar Martanegara, Selasa (19/1) kemarin.

Untuk itu, Organda meminta kepada Dinas Perhubungan untuk tidak hanya menyediakan sub terminal, melainkan adanya rekayasa jalan di persimpangan Jalan cibaligo menuju ke arah Cimindi atau ke Leuwigajah. Pasalnya, kapasitas sub terminal Cimindi sendiri hanya bisa menampung 25 kendaraan dari total keseluruhan yakni 300 kendaraan.

”Dengan adanya sub terminal kami harapkan sedikitnya ada pengurangan kemacetan, tetapi harus juga dilakukan pengaturan PKL dan delman supaya tidak naik ke arah atas,” ujarnya.

Sedangkan Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengatakan, meski sebagai Kota penyokong, namun keindahan Kota Cimahi tetap dijaga. ”Dengan kebersamaan seluruh stakeholeder bidang transportasi telah menuai prestasi dari 2007­2013 meraih Plakat Wahana Tata Nugraha (WTN) secara beruntun. bahkan pada 2014 mendapatkan Plakat Qahana Tata Nugraha kategori Kota Besar,: jelasnya.

Ditambahkannya, Pemkot Cimahi berusaha untuk menunjukan kota yang memilki budaya bertranspotasi yang baik, dimana penumpang tahu tempat berhenti ­ jalan ­ naik kendaraan, demikian pun pengemudi, tahu dan mengerti untuk berhenti di tempat yang telah disediakan, termasuk memilki rasa tanggung jawab,”Terminal Cimindi juga salah satu upaya untuk memperindah dan menata kawasan Cimindi, menjadi kawasan yang tertib ­ indah ­ bersih dan sehat , karena kawasan ini bagi kota cimahi sebagai wajah kota yang harus cantik,” Paparnya.

Sementara itu Kepala Dishub Kota Cimahi Ison Suhud menyebutkan, Sub Terminal Cimindi akan difungsikan mulai Rabu ini. Sambil melakukan sosialisasi kepada para pengemudi maupun masyarakat pengguna angkutan umum khusunya dikawasan Cimndi. “Semoga saja dengan adanya sub terminal ini akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khusunya dibidang transportasi,” pungkas. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan