Angka Penganguran Cimahi Berpotensi Meningkat

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Untuk menekan angka pengangguran di wilayahnya, Pemkot Cimahi mendorong pelaku UMKM sebagai tulang punggung untuk menanggulangi penggangguran.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar mengatakan, industri kripik yang berada di Pojok, Cimahi ternyata industri tersebut memiliki dampak yang luar biasa bagi masyarakat.

”Itu bisa memberikan semacam lapangan pekerjaan bagi orang lain. Ini yang kita dorong,” katanya, kepada wartawan, Jumat (15/7).

Menurutnya, dengan kondisi ekonomi Indonesia termasuk di Cimahi yang tengah lesu berpotensi membuat angka pengangguran bertambah. Apalagi, saat ini hampir semua daerah dihadapkan pada arus urbanisasi dan tahun kelulusan SMA atau sederajat.

Selama ini angka penyumbang pengangguran memang berasal dari arus urbanisasi dan siswa yang baru lulus dari SMA/SMK. Khusus untuk lulusan sekolah sendiri, terang Benny, sewaktu Ia menjabat di Disnaketransos saja, setiap tahunnya mengalami penambahan untuk pengangguran. ”Hampir berimbang kalau melihat itu,” ujarnya.

Bayangkan, jika dari 3.000 siswa yang lulus, hanya sekitar 30% saja yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sisanya, berpotensi jadi pengangguran.

Diberitakan sebelumnya, jumlah penduduk di Kota Cimahi dalam tiga tahun terakhir ini mengalami penyusutan. Salah satu faktornya akibat lesunya industri di Kota Cimahi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi. HM. Suryandi menybutkan, sejak 2014 lalu terjadi penurunan jumlah penduduk di Kota Cimahi. Pada 2014, jumlah penduduk Kota Cimahi mencapai lebih 610 ribu orang, kemudian pada 2015 menurun menjadi sekitar 600 ribu orang dan pada akhir 2015 terpantau sekitar 590 ribu orang saja.

”Banyak faktor penyebab penurunan jumlah penduduk tersebut, selain karena mutasi penduduk, penyusutan jumlah juga diakibatkan karena lesunya industri di Kota Cimahi yang mengakibatkan pemutusan hubungan kerja atau karena berbagai sebab,” jelasnya. (bis/bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan