Ajang James Rodriguez Pikat Hati Zizou

Bukan hanya penting bagi Kolombia. Memutus rekor tidak pernah kalah Ekuador selama kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL juga penting artinya bagi James Rodriguez. Duel di Barranquilla, Rabu pagi mendatang WIB (30/3), bisa jadi jalan James memikat hati Zinedine Zidane.

Maklum, sejak Zizou –sapaan akrab Zidane– memegang jabatan sebagai pelatih Real Madrid per 4 Januari lalu, slot starterterasa jauh bagi James. ’’Demi itu semua saya bahkan seperti mau mati pada menit-menit terakhir (saat mengalahkan Bolivia di La Paz, 25 Maret lalu WIB),’’ ucap James, sebagaimana dilansir dari situs resmi Conmebol.

“Akan tetapi, yang ada dalam bayangan saya hanya bagaimana Kolombia mampu melanjutkan tren kemenangan. Tidak peduli apa yang dipikirkannya (Zizou), yang saya pikirkan hanyalah bagaimana caranya bermain dengan bagus,’’ lanjut gelandang sayap kanan itu.

Susahnya James menjadi pilihan utama bisa dilihat dari jumlah mainnya di La Liga selama Real ditangani Zizou. StatistikSoccerway mencatat, dari 12 pertandingan Real di La Liga bersama Zizou, hanya 10 di antaranya yang menyertakan nama kapten Los Cafeteros –julukan Kolombia– itu.

Namun, dari 10 pertandingan itu, hanya enam laga di antaranya Zizou memberi kepercayaan James bermain sebagaistarter. Artinya, peluang James menembus tempat utama di Los Blancos –julukan Real– hanya berkisar 50 persen. Dalam formasi 4-3-3, James kalah bersaing dengan Gareth Bale dan Lucas Vazquez.

Bandingkan saat bermain untuk Kolombia. Bermain tiga laga dari lima laga yang dijalani skuad asuhan Jose Pekerman itu, James sudah berkontribusi via dua gol plus satu assist-nya. Di balik kemenangan atas Bolivia lalu dia memberikan satu gol dan satu assist sekaligus.

Gabriel Meluk, salah seorang jurnalis surat kabar Kolombia bernama El Tiempo menilai James bukan hanya berperan dalam sisi teknis. Pun demikian dari sisi non teknis timnas Kolombia. ’’Bersamanya, Timnas Kolombia seperti punya dorongan untuk bisa memenangi laga,’’ klaimnya, dikutip dari El Colombiano. (ren)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan