609 Peserta Mengikuti OSN SMA/MA 2016

bandungekspres.co.id– Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bandung Barat menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA Tingkat Kabupaten Bandung Barat yang diikuti oleh 609 peserta. Kegiatan ini berlangsung satu hari bertempat di SMAN Cisarua kemarin (18/2). Kepala Bidang SMA pada Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bandung Barat Hasanudin mengungkapkan, peserta yang mengikuti kegiatan ini hasil dari seleksi di seluruh Kabupaten Bandung Barat. ”Yang mengikuti kegiatan ini hasil dari seleksi yang terbaik. Mereka yang berhasil akan berlomba untuk mewakili di tingkat provinsi,” kata Hasanudin kepada wartawan, kemarin.

Menurut Hasanudin, para peserta akan diberikan tantangan mulai dari mata pelajaran Matematika diikuti 78 peserta, Fisika 68 peserta, Kimia 74 peserta, Biologi 80 peserta, Komputer 50 peserta, Astronomo 44 peserta, Ekonomi 81 peserta, Kebumian 59 peserta, dan Geografi 75 peserta. ”Mata pelajaran ini harus bisa dilalui oleh para peserta,” katanya.

Hasanudin menjelaskan, OSN SMA/MA merupakan salah satu kegiatan bagi peserta didik guna menumbuhkembangkan semangat kompetisi akademik. Untuk mendorong keberanian bersaing secara sehat, sekaligus meningkatkan kemampuan sains, serta dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

”Siswa dituntut untuk lebih berprestasi dan mampu mengembangkan di bidang sains baik dalam bentuk pemahaman maupun analisisi, sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan,” paparnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Disdikpora Kabupaten Bandung Barat Agustina Piryanti. Dia menyatakan, sasaran yang ingin dicapai melalui OSN ini menumbuhkan iklim kompetisi yang sehat, menjaring peserta didik unggul pada jenjang SMA/MA dalam bidang sains, meningkatkan motivasi peserta didik dalam sains, meningkatkan kreativitas peserta didik jenjang pendidikan SMA/MA.

”Dengan perlombaan seperti ini tentu akan menguji kemampuan setiap siswa untuk menjadi yang terbaik. Apalagi, perlombaan ini diikuti oleh para peserta yang kemampuannya cukup baik,” kata Agustina.

Lebih jauh dia menjelaskan, OSN tingkat Kabupaten Bandung Barat sebagai langkah untuk dipersiapkan menjadi peserta OSN tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 24 Maret 2016. Hasil lomba ini akan dipilih tiga orang dengan nilai tertinggi akan jadi wakil Kabupaten Bandung Barat.

Tinggalkan Balasan