5 Stadion Bertaraf Internasional Milik Masyarakat Jabar

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Provinsi Jawa Barat sepertinya harus berbangga. Sebab saat ini Jabar telah memiliki lima stadion megah bertaraf internasional.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan kelima stadion tersebut memiliki sarana dan prasarana memadai untuk masyarakat Jabar dalam berolah raga. Stadion-stadion tersebut dikatakan sebagai warisan PON XIX yang memiliki kemegahan.

”Kita harus berbangga dengan keberadan lima stadion tersebut,” jelas Heryawan ketika ditemui di Gedung Sate, kemarin (28/9)

”Sehingga dapat memacu prestasi olah raga masyarakat di Jabar,” tambahnya.

Dirinya menuturkan, selain lima stadion besar tadi, ada beberapa venue cabang olah raga yang tersebar di 16 kota kabupaten di Jawa Barat. Kesemuanya telah dibangun untuk menunjang kegiatan olah raga berdasarkan cabang olahraga (Cabor),

Dia memerinci, stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) adalah stadion termegah yang dimiliki, di samping Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung dengan standar internasional.

Sedangkan, stadion lainnya antara lain Pakansari di Cibinong Bogor, Patriot di Kota Bekasi, dan Wabawa Mukti di Cikarang Timur Kabupaten Bekasi memiliki kemegahan yang sama dengan standar nasional. ”Standarnya bisa ditingkatkan menjadi internasional,” singkatnya.

Keberadaan stadion-stadion megah dengan fasilitas lengkap itu tentu saja tidak lepas dari andil para kepala daerah yang telah bersungguh sungguh mewujudkan impian masyarakat Jabar. Dia mengatakan,  pembangunan stadion-stadion itu diawali oleh gagasan gila dan spektakuler.

”Ini sangat membanggakan, dan luar biasa. Sehingga patut diapresiasi. Sebab, gagasan dan pemikirannya sungguh luar biasa,” ucapa kepala daerah yang akrab disapa Aher tersebut.

”Apresiasi yang tinggi juga saya sampaikan kepada pencetus ide dan tim kerja atas segala upaya dan kerja keras, termasuk mencari dana untuk pembangunannya,” tambahnya.

Heryawan mencontohkan, untuk stadion GBLA merupakan Stadion yang sangat monumental dan megah itu, lahir dari gagasan mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada. Untuk Stadion Pakansari, digagas dan dibangun Bupati Bogor Rahmat Yasin.

Kemudian, Stadion Patriot diawali pembangunannya oleh Wali Kota Bekasi Muhamad Muchtar dan Stadion Wibawa Mukti digagas Bupati Bekasi Saadudin. Nah, yang tak kalah spektakulernya gagasan Bupati Bandung Obar Sobarna dalam mengawali pembangunan Stadion Si Jalak Harupat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan